Rawat Cat Mobil Anda Biar Tidak Cepat Kusam

OTOExpo.com – Bagi sebagian orang, menggunakan mobil yang terlihat kinclong menambah percaya diri daripada membawa mobil yang sudah kusam dan kotor. Merawat cat mobil agar tetap bersinar tentu tidak mudah. Diperlukan beberapa perawatan khusus agar warnanya tidak cepat pudar dan kusam.

Akan tetapi, sebenarnya dengan melakukan hal berikut ini, secara tidak langsung anda sudah merawat cat mobil anda. Berikut ini cara merawat cat mobil agar tidak cepat kusam :

Cucilah Mobil secara rutin

Cucilah mobil secara rutin merupakan keharusan agar mobil selalu dalam keadaan bersih. Kalau anda merasa mobil sudah terlihat berdebu atau kotor, segeralah mencuci mobil agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Karena dapat menimbulkan jamur, debu, cipratan air, atau tanah yang menempel pada bodi mobil ini mampu mengurangi daya tahan pelindung dan juga cat mobilmu.

Gunakan sampo khusus

Sampo yang digunakan untuk mencuci mobil juga tidak sembarang. Ada sampoo khusus untuk mobil. Sampo khusus ini banyak dijual di berbagai mini market dan tersedia dalam berbagai merek juga. Sampo khusus mobil memiliki kadar deterjen dan material lainnya yang sudah disesuaikan agar tidak merusak lapisan pelindung dan cat pada mobil.

Rawat Cat Mobil Anda Biar Tidak Cepat Kusam

Jangan sembarang mengelap mobil

Diperlukan kain khusus seperti kain mikro fiber untuk mengelap mobil. Kain jenis ini juga disarankan oleh banyak tempat cuci mobil dan bengkel-bengkel. Kain mikro fiber memiliki bahan yang sangat lembut dan tidak ada pola seperti kain biasa yang bisa memberi garis lecet pada cat mobil. Saat mengelap, Coba untuk mengelap dengan arah yang sama, misalkan mengelap bagian kap mesin dari arah atas ke bawah, atau dari kiri ke kanan saja.

Hindari mobil di bawah sinar matahari

Panas yang langsung dari matahari dapat memudarkan pelindung cat pada mobil, dan bila pelindung sudah hilang, selanjutnya adalah cat yang terkena. Untuk itu sebisa mungkin parkir di tempat yang teduh, atau bisa juga ditutup dengan terpal apabila mobil tidak ingin digunakan.

Komentar