PO. Putera Mulya Sejahtera Layani Rute Malang – Jakarta Individual Executive Class

OTOExpo.com –  Satu setengah tahun setelah sukses mempelopori Bus Trans Jawa, kini PO. Putera Mulya Sejahtera mengembangkan sayap ke Jawa Timur. Rute Malang-Surabaya-Jakarta yang pernah menjadi rute favorit di tahun 1990-an, menjadi rute yang dipilih.




“Salah satu rute tradisional transportasi bus adalah Malang-Surabaya-Jakarta. Dulu rute ini pernah hit di masanya. Kami ingin membangkitkan gairah masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi bus. Tahun lalu kami sudah menjadi pelopor Bus Trans Jawa, kini kami menawarkan hal lain di rute Malang,” kata Direktur PT. Putera Mulya Sejahtera, Glenn A. Widodo, di Malang.

Pelopor Bus Trans Jawa

PO. Putera Mulya Sejahtera, mempelopori Bus Trans Jawa, dua bulan setelah Tol Trans Jawa tersambung dari Merak hingga ke Malang dan Probolinggo.

PO. Putera Mulya Sejahtera Layani Rute Malang – Jakarta Individual Executive Class

Perusahaan ini membuka rute dengan jadwal perjalanan pagi dari Solo dan Semarang menuju Jakarta. Kali ini Glenn ingin memulai layanan hingga Jawa Timur.

kelas eksekutif

Apa yang ditawarkan oleh PO. Putera Mulya Sejahtera tidak sepenuhnya baru. Armada kelas eksekutif disiapkan untuk melayani penumpang Malang dan Surabaya yang ingin menikmati perjalanan menuju Jakarta dengan aman dan nyaman.

Bus Scania K360IB/4×2 yang dioperasikan perusahaan ini sudah terbukti keandalannya. “Bus kami ini memiliki mesin bertenaga 360 HP. Ada fitur keamanan sekelas sedan. Ada ABS, EDB, Cruise Control, Retarder dan yang paling penting perekaman perilaku pengemudi,” ujar Glenn.

Konfigurasi Kursi

Glenn berharap, penumpang busnya bisa merasakan kenyamanan yang maksimal selama perjalanan. Dia pun memperkenalkan konfigurasi kursi yang mulai menjadi tren di transportasi bus.

Satu baris terdiri dari tiga kursi. Konfigurasi bus pada umumnya satu baris terdiri dari empat kursi. Jika pun ada satu baris tiga kursi, konfigurasinya 2-1 (dua kursi di sisi kanan dan satu kursi di sisi kiri).

PO. Putera Mulya Sejahtera Layani Rute Malang – Jakarta Individual Executive Class

“Saya punya impian sejak lama. Kursi bus bisa dibuat lapang. Penumpang duduk sendiri-sendiri. Dengan posisi seperti ini tidurnya lebih nyaman. Kebetulan kok ya ada Pandemi Covid-19 di Indonesia, ya saya segera merealisasikannya. Kami memberi nama Individual Executive Class,” katanya sambil tersenyum.

Scania K360IB/4×2

Dalam kesempatan itu, Glenn menambahkan, Scania K360IB/4×2 cukup membantu mempertahankan waktu tempuh sesuai target. Kemampuannya, lanjut dia, memungkinkan bus berjalan konstan dengan kecepatan tertentu. Sehingga pelanggan bisa memperkiraan waktu tiba di tujuan.

Dia menyebutkan, keberangkatan dari Terminal Arjosari Malang pukul 17.30-18.00, mampir di Surabaya sebentar untuk menaikkan penumpang lalu lanjut ke Jakarta. Perkiraan waktu tempuh 10-12 jam perjalanan.

Fasilitas Tambahan

Ada fasilitas tambahan lain yang bisa memanjakan penumpang. Ada dispenser untuk air mineral, pilihan minuman panas yang bisa dibuat oleh para penumpang sendiri, ada makanan ringan dan di setiap kursi ada USB charger.

Menurut Glenn, setiap kursi diberi selimut yang dikemas dalam plastik dan diberi segel oleh PT. Putera Mulya Sejahtera. Armada bus PO. Putera Mulya Sejahtera ini menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan.

Setiap penumpang dicek suhu tubuhnya dengan thermometer gun sebelum masuk ke dalam bus, setiap penumpang juga wajib menggunakan masker selama perjalanan. Ada juga sekat antara pengemudi dan penumpang.

PO. Putera Mulya Sejahtera Layani Rute Malang – Jakarta Individual Executive Class

“Di awal pandemi kami memulai tradisi penyemprotan disinfektan pada bus. Selama kembali beroperasi, setelah seluruh operasional bus distop, kami menarik semua bantal dan selimut untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Sekarang ini kami beradaptasi. Selain kami memberikan selimut yang sudah disterilisasi, kami juga melakukan fogging disinfektan agar sirkulasi udara bisa lebih bersih. Satu kali setiap perjalanan di rumah makan,” katanya menjelaskan.

Bus Eksperimen

Bus Individual Executive Class ini adalah bagian dari eksperimen PO. Putera Mulya Sejahtera dalam pelayanan. Sejak beroperasi kembali di tahun 2016, ada beberapa terobosan yang pernah dibuat.

Perusahaan ini menjadi perusahaan bus pertama yang mengoperasikan bus dengan mesin bertenaga 360 HP untuk melayani rute AKAP pertama di Indonesia. Ada 12 unit bus Mercedes-Benz O 500 R-1836 milik PT. Putera Mulya Sejahtera dan masih beroperasi hingga saat ini.

Trobosan Lainnya

Terobosan lain adalah menjadi pelopor bus tingkat (double-decker) antar kota jarak jauh pertama di P. Jawa akhir tahun 2016. Terobosan ini melambungkan tren bus double-decker AKAP di Indonesia.

Tahun 2019 meluncurkan Bus Trans Jawa yang melayani rute keberangkatan pagi dari Jakarta menuju Semarang dan Solo.




“Kami senang melakukan eksperimen untuk kepuasan pelanggan. Dari eksperimen ini, kami berharap masyarakat bisa lebih tertarik naik bus. Sejak adanya Tol Trans Jawa, kami sangat terbantu. Waktu perjalanan bisa lebih kompetitif dengan moda transportasi darat lainnya, tinggal sekarang bagaimana menawarkan pelayanan yang baik,” kata Glenn.

Glenn berharap, perjalanan pelanggan bus PO. Putera Mulya Sejahtera bisa aman, nyaman dan yang terpenting, terjangkau.

• Spread The Love •

Your Comment