OTOExpo.com –  Performa mesin tidak hanya ditentukan oleh kelancaran pasokan bahan bakar dan kualitas pengapian, namun juga ditentukan oleh tingkat kebersihan udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Sedan kompak lansiran Korea ini memiliki bentuk yang cukup sporty dan tak lekang.

Oli pada mesin kendaraan ibarat aliran darah yang mengalir pada tubuh manusia. Tanpa sirkulasi oli yang baik maka bisa dipastikan kinerja mesin tidak akan maksimal atau bahkan menjadi rusak.

Namun saat mesin bekerja, panas yang ditimbulkan oleh mesin itu membuat sebagian kecil oli yang bersirkulasi menjadi uap panas.

PNEUMATIC AIR FILTER Perangkat Murmer Penjaga Kebersihan Udara Mesin

Pada sebagian besar mesin kendaraan, uap oli ini akan disalurkan melalui perangkat yang disebut Positive Crankcase Ventilation (PCV) yang umumnya terdapat pada Valve Cover, untuk kemudian disalurkan kembali menuju Intake Manifold agar ikut terbakar di ruang bakar.

“Kalau diibaratkan dalam sekali mobil jalan ada 1 tetes oli yang menguap mungkin kesannya ga seberapa ya, tapi kalo misalnya dihitung 1 tahun aja berarti ada 360 tetes oli yang menguap dan saya yakin tidak akan bisa semua bisa ikut terbakar di ruang bakar, makanya saya coba untuk aplikasikan Pneumatic Air Filter ini, supaya udara yang masuk ke ruang bakar lebih bersih dan bebas uap panas oli,” buka Deden selaku Humas Hyundai Accent Indonesia (HAI), yang telah cukup lama mengaplikasikan Pneumatic Air Filter ini di Hyundai Verna miliknya.

Uap panas oli yang kerap terbawa ke dalam ruang bakar tidak hanya berupa uap oli saja, namun juga dapat disusupi oleh partikel debu yang berhasil lolos dari Filter Udara mesin.

Apabila hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama maka bisa dipastikan akan menimbulkan kerak pada ruang bakar dan juga menimbulkan resiko lecet/baret pada silinder.

PNEUMATIC AIR FILTER Perangkat Murmer Penjaga Kebersihan Udara Mesin

Dengan Pneumatic Air Filter atau sering juga disebut Oil Catch Tank, uap panas oli tersebut disaring dan ditampung dalam sebuah gelas penampung, sehingga udara yang disalurkan menuju ruang bakar tidak lagi bercampur dengan udara panas yang mengandung uap oli maupun partikel debu.

“Cara pasangnya mudah koq, bener-bener Plug & Play aja, tinggal disesuaikan aja untuk diameter selang dan fittingnya karena masing-masing merk dan type mobil pastinya beda ya. Kita lepas dulu selang asli yang nongol dari unit PCV trus sambungkan dengan selang In dari Pneumatic Air Filter tadi, setelah itu masukkan selang Out ke Intake Manifold, beres deh. Oh iya, sebelumnya jangan lupa bikin dudukan dulu ya untuk si Pneumatic Air Filter ini, bisa di mana aja koq, kalua saya sih di baut di dinding pembatas ruang mesin,” Ungkap Deden.

Aplikasi Pneumatic Air Filter ini merupakan salah satu cara yang murah namun efektif untuk tetap menjaga performa mesin mobil kita, terutama kebersihan ruang bakar agar tetap prima.

“Harganya murah koq, saya aja beli di toko online, sudah lengkap dengan selang dan fittingnya cuma habis 130 ribuan aja, itu sudah sama ongkir lho ya,” pungkas Deden sambil menunjukkan Pneumatic Air Filter yang sudah terpasang di Hyundai Verna miliknya.

Nah, bagi sahabat Otoexpo yang mencari cara mudah dan murah untuk menjaga kebersihan ruang bakar mungkin trik ini boleh juga dicoba.

PNEUMATIC AIR FILTER Perangkat Murmer Penjaga Kebersihan Udara Mesin

 

Artikel Lainnya

Modifikasi keren HYUNDAI AVEGA 2007 – 2010

• Spread The Love •

Your Comment