Pernah Ketipu Sama Montir Saat Service Motor

OTOExpo.com – Terkadang Amir suka bingung, kenapa saat servis motornya di bengkel “A” harganya lebih murah daripada servis motor di bengkel “B”. Di Bengkel “A” langsung dikerjain apa keluhan Amir dan dijelaskan secara detail segala permasalahannya dilengkapi dengan bukti. Sedangkan di bengkel “B”, Amir hanya dijelaskan bahwa ada permasalahan di salah satu komponen mesin kendaraannya, Dan harus di ganti dengan yang baru, tanpa dilihatkan buktinya.

Pernah Ketipu Sama Montir Saat Service Motor

Bisa jadi Amir telah kena tipu sama montir di bengkel “B”. Biasanya, aktivitas perbengkelan ini dimulai dari kelakuan montir nakal yang coba cari celah untuk mendapat untung lebih.

Biar nggak sampai ketipu, ada baiknya pemilik kenali tanda-tanda kalau lagi “dikerjai” orang bengkel.

Berikut penjelasannya ;

Montir Meminta Cek Bagian Lain Diluar Permasalahannya

Amir ke bengkel karena ingin mengganti kampas rem yang dirasa mulai tipis. Setelah mengganti komponen tersebut, sang montir merayu untuk memeriksa komponen / bagian lain dari motor Amir.




Sebenarnya hal yang biasa bagi montir untuk cek bagian motor satu persatu. Yang tidak biasa apabila sang montir “menakut-nakuti” apabila tidak diganti akan ada “inilah-itulah”. Padahal kondisi komponen tersebut sebenarnya masih sangat layak.

Pernah Ketipu Sama Montir Saat Service Motor

Sahabat exposer boleh curiga, Apalagi jika penggantian komponen tidak ada hubungan sama sekali dengan keluhan yang dirasakan. Jangan tergoda akan rayuannya, bisa-bisa jebol kantor exposer.

Ganti Sparepart Tanpa Persetujuan

Sang montir langsung mengganti sparepart tanpa persetujuan sang pemilik. Hal ini sering kali terjadi. Padahal, secara etika, semua jenis pergantian suku cadang, wajib atas persetujuan sang pemilik motor. Kalau sudah begini, pemilik bisa komplain atau setidaknya beradu argumentasi.

Menggunakan Suku Cadang Palsu

Agar biaya servis menjadi lebih murah, kerap kali sang montir menawarkan penggantian suku cadang palsu. Padahal penggunaan suku cadang palsu selain berbahaya part palsu ini juga bikin pengeluaran jadi makin besar.

Pernah Ketipu Sama Montir Saat Service Motor

Yang terjadi biasanya barang palsu tidak awet, malah cepat sekali habis yang mana mewajibkan sobat buat ganti lagi. Kejadian seperti ini memang ada saja montir yang memanfaatkan hal ini agar barang jualan bengkelnya laku dan sering melakukan servis ditempat itu lagi.

• Spread The Love •

Your Comment