Panduan Beli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

OTOExpo.com – Membeli motor bekas merupakan pilihan yang bijak bagi sebagian orang yang memiliki dana seadanya. Selain lebih murah, apabila dapat memilih otor bekas yang bagus tentu rasanya seperti baru.

Akan tetapi, tidak semua orang paham akan kriteria dalam memilih motor. Asalkan bodynya mulus tentu motor tersebut masih bagus. Padahal belum tentu, karena terkadang itu hanya untuk menutupi kekurangannya saja. Bagi orang awam, berikut ini ada beberapa tips agar tidak tertipu saat membeli motor bekas.

1. Periksa bagian mesin dengan saksama

Lihat dan perhatikan bagian mesin dengan saksama. Cobalah untuk mengecek perpak motor dan baut-baut di sekitarnya. Untuk memastikan apakah mesin masih orisinal atau pernah dibuka, periksalah warna mesin apakah masih terlihat bawaan pabrik atau sudah kusam. Hal ini penting mengingat mesin motor merupakan bagian paling penting dari kinerja motor yang akan dibeli.

2. Lihat dan raba cat bodan motor

Secara kasat mata, kamu mungkin tidak akan menemukan cacat kecil pada badan motor. Namun, untuk lebih meyakinkan, periksalah dengan meraba cat pada badan motor. Motor yang sudah lecet karena gesekan atau terjatuh biasanya terasa kasar saat diraba. Selain itu, cat pada badan yang kusam menandakan perawatan motor tersebut kurang terjaga dengan baik.

3.Sesuaikan nomor rangka dan mesin motor dengan surat-surat kendaraan
Sesuaikan nomor rangka dan nomor mesin pada fisik motor dengan yang tertera pada surat-surat kendaraan. Meski surat-surat bisa disulap, ada berbagai cara untuk bisa memastikan apakah surat-surat tersebut sesuai dengan fisik motor atau tidak.
4.Cek semua bagian-bagian penting motor

Selain memeriksa hal-hal penting di atas, kamu juga perlu mengecek hampir semua bagian-bagian fisik motor. Kamu bisa cek tuas perpindahan gigi, speedometer, kunci setang, lampu-lampu, rem, dan sebagainya. Mengecek secara keseluruhan bagian-bagian motor akan mencegah rasa penyesalan saat kamu sudah terlanjur membeli, namun tak sesuai dengan keinginan.

5.Tutup lubang pembuangan pada knalpot untuk mengecek suara mesin motor

Untuk memeriksa suara motor apakah masih bagus atau tidak, cukup dengan menutup lubang knalpot saat motor dihidupkan. Jika suara tersebut terdengar berisik dan mengganggu, bisa dipastikan motor tersebut sudah berada dalam kondisi yang sudah tidak sehat.

 

Komentar Anda