OtoExpo.com -Setelah hampir dua minggu menggalang donasi di beberapa posko maupun pintu ke pintu, OtoExpo media online otomotif bersama Relawan dari berbagai komunitas Scorpio dan PBTH berikan bantuan donasi kemanusiaan bagi korban longsor dan banjir bandang di Kab. Lebak, Banten pada hari Sabtu (18/01/2020).

Tiga Kecamatan

Tercatat ada tiga kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten yang menjadi korban bencana tanah longsor dan banjir bandang adalah Sajira, Lebakgedong, dan Cipanas. Korban yang terparah berada di Kec. Lebakgedong, yakni Desa Banjarsari dan Banjar Irigasi.

OTOEXPO Bersama Relawan Scorpio Berikan Sumbangan Korban Longsor Lebak Banten

Terparah

Dua kampung di Desa Banjarsari menjadi wilayah terparah adalah Cinyiru dan Cigobang (72 dari 78 rumah di kp. Cigobang) hilang terbawa longsor dan banjir bandang. Kejadian pada awal tahun ini tepatnya terjadi sekitar pukul 7 pagi meninggalkan duka yang mendalam bagi warga Lebak.

Bantuan donasi bersama ini diterima oleh Bapak Eman selaku perwakilan korban yang berada di Kampung Cinyiru, Desa Banjarsari.

Menurut Eman (47) yang akrab disapa wak Eman, salah satu tokoh masyarakat kampung Cinyiru mengatakan bahwa ini merupakan bencana terbesar selama hidupnya. Belum pernah ada kejadian seperti ini sebelumnya.

“Andai terjadi pada malam hari, mungkin akan lebih banyak korban lagi,” sebut Wak Eman, yang hingga saat ini masih mengungsi dengan mengontrak sebuah rumah di kampung sekitar yang tidak terkena bencana.

“Selama 5 hari pasca bencana tanah longsor barulah ada bantuan logistik dari kades Cileuksa, Afih Ujang. Saya berterima kasih atas kebaikan Pak Kades beserta warga Cileuksa yang sudah membantu para pengungsi,” jelas Wak Eman.

Akses Terputus

Setelah memberikan bantuan, tim pun melanjutkan dengan mencoba mendatangi beberapa wilayah lain yang sama-sama menjadi korban. Namun karena akses masih banyak yang terputus, maka tim terpaksa kembali ke posko.
OTOEXPO Bersama Relawan Scorpio Berikan Sumbangan Korban Longsor Lebak Banten

Hingga Akhir Januari 2020

“Kami tim relawan tetap akan berusaha mencapai daerah-daerah lain yang terkena bencana, sambil berharap terus adanya bantuan bagi saudara-saudara kita disana. Dan kami akan terus melakukan bantuan setiap hari sabtu selama bulan januari 2020.”pungkas dimas lombardi selaku pimpinan redaksi OTOExpo.com.

Comment