Netflix Luncurkan Pelatihan Bersertifikasi Pertama bagi Profesional

OTOExpo.com – Netflix meluncurkan program pelatihan pascaproduksi pertamanya di Asia yang akan membuka kesempatan bagi komunitas kreatif di Asia Tenggara dan India untuk memperoleh akreditasi.

Bekerjasama dengan Pemerintah Maharashtra dan Amsterdam Post Lab (APostLab), program ini melatih para produser dan pengawas pascaproduksi mengenai alat, teknik, sistem, dan keterampilan yang diperlukan agar dapat memiliki keahlian khusus dalam proses penceritaan episodik yang kompleks.

Edisi pertama dari pelatihan yang diselenggarakan di Mumbai, India pada 12-15 Oktober yang lalu dihadiri oleh para profesional kreatif dari Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, dan India.

Lebih dari 30 peserta turut menjalani serangkaian pelatihan tentang aspek teknis, keuangan, manajerial, dan aspek kreatif pascaproduksi film seri.

Andhy Pulung Widagdo

Salah seorang peserta berasal dari Indonesia bernama Andhy Pulung Widagdo, produser yang telah memperoleh beragam nominasi dan penghargaan di tanah air dan Asia. Usai pelatihan, peserta mendapatkan sertifikat diploma dari APostLab, serta terdaftar sebagai pekerja produksi lepas Netflix global dan akan memperoleh kesempatan untuk terlibat dalam produksi film Netflix di masa depan.

Dengan pertumbuhan pesat industri Video-on-Demand di Asia, maka kebutuhan akan kreativitas, bakat, dan pelatihan menjadi semakin penting untuk mendukung keberhasilan ekonomi kreatif lokal. Hingga 2019, Netflix memiliki lebih dari 100 konten original baru dan konten yang kembali diproduksi untuk musim kedua di delapan negara di Asia.

Cerita Di Asia

Netflix turut berinvestasi bagi para pembuat cerita di Asia dan mendukung agar suara mereka lebih didengar di dunia internasional.

Program pelatihan ini juga merupakan kelanjutan dari kontribusi Netflix pada komitmen Keterampilan Digital ASEAN yang dicanangkan oleh World Economic Forum untuk melatih pekerja di sektor digital.

Industri Kreatif

Gavin Barclay, Direktur, Post Production – International Originals, Netflix untuk Asia Pasifik, mengatakan, “Asia merupakan pusat industri kreatif besar dunia yang menghasilkan sejumlah film dan seri paling menarik saat ini. Kami sangat senang dapat meluncurkan program pelatihan pascaproduksi pertama kami di Asia. Dengan industri produksi lokal dan global yang semakin bergeser ke arah distribusi digital, kami berharap workshop ini akan membantu memastikan komunitas produksi lokal dapat berkembang.”

Produksi Konten Berkualitas

Alex Sihar, Ketua Bidang Advokasi Kebijakan, Badan Perfilman Indonesia (BPI) mengatakan, “Dengan hadirnya hiburan online, mendorong kami semakin meningkatkan produksi konten berkualitas dunia untuk dinikmati penonton global. Kami senang dapat bermitra dengan Netflix dan sesama kreator di seluruh Asia untuk saling bertukar praktik terbaik dan mengembangkan kapasitas kolektif kami. Asia memliki potensi yang sangat besar dan kami berharap dapat menampilkan bakat-bakat terbaik.”

 

Komentar Anda