OTOExpo.com –    Tiap kali diajak jalan pelan, Motor matik milik Susi (19) terasa loncat-loncat.  Seperti motor berkopling manual pada posisi gigi tinggi, namun kecepatan rendah yang dilepas koplingnya. Lebih parah, kalau digas mendadak, malah muncul bunyi cetak-cetak. Wah, khawatir kondisi makin parah, gadis yang kuliah di BSI Rawamangun ini segera membawa kuda besinya ke bengkel motor di bilangan Rawasaki, Jakarta Timur.

Di bengkel tersebut itu, Susi disampaikan permasalahannya. “Kalo gejalanya seperti itu, yang bermasalah karet kopling ganda, pasti mulai keras dan peyang,” urai Budi yang merupakan mekanik di bengkel tersebut.

Motor Matik Loncat-loncat, Perika Karet Kopling Pada CVT

“Karet ini sebagai bantalan alur mengembang dan menutupnya kampas kopling, sehingga kalau sudah keras dan peyang gerakan kampas tak lancar. Makanya pada putaran rendah loncat-loncat. Oh ya, ini bisa terjadi di semua skutik lo, dan biasanya muncul kalau jarak tempuh sudah 10.000 km,” lanjutnya.

Selain itu, kalau karet kopling bermasalah, juga dapat menyebabkan motor menjadi boros, tenaga di tarikan awal seakan ‘boncos’ Jadi akan lebih baik untuk segera mengganti karet kopling tersebut apabila ditemukan masalah serupa.

Sekarang, tinggal mengganti part tersebut. Namun Budi menyarankan untuk mencari karet tersebut jangan di bengkel resmi, karena harus membeli dengan satu set kampas kopling alias tidak dijual terpisah.

“Akan lebih dengan menyambangi toko spare part dan mencari karet kopling ganda milik aftermarket.” terangnya lebih lanjut.

Atau bisa juga dengan “diakali sementara.” caranya juga cukup mudah, langkah pertama siapkan karet yang akan digunakan untuk mengganjal, bisa karet bekas ban dalam, karet selang bensin, atau bisa juga karet selang varisi yang dijual warna warni.

Potong karet seukuran 1/3 lingkaran lingkaran karet yang sudah nempel di kampas kopling ganda. Siapkan tiga buah untuk dipasang di bagian tepi yang akan masuk dikampas kopling ganda.

Proses Pengerjaan

Lepas mur pengunci rumah kopling ganda pakai kunci sok 19 dan treker puli, bila telah terlepas tarik keluar,  Lalu angkat kopling ganda yang menyatu puli belakang. Letakkan puli di tempat yang rata untuk melepas mur pengikatnya. Apabila sudah lepas, angkat rangkaian kampas kopling gandanya.

Motor Matik Loncat-loncat, Perika Karet Kopling Pada CVT

Langkah selanjutnya, dengan melepas kunci di ketiga per kampas menggunakan tang lancip dengan menariknya keluar. Copot tiga pegas yang mengikat dan menyatukan kampas kopling ganda. Jika pegasnya sudah terbuka, bisa tarik kampas kopling ganda kearah luar.

Setelah itu akan terlihat permasalahannya. Cabut karet tersebut dan ganti dengan yang baru.

Pekerjaan beres, tinggal rakit kembali dengan urutan kebalikan dari proses membongkar.  Dan benar juga, setelah dicoba jalan, gejala yang dikeluhkan Susi pun hilang dan Susi dapat melanjutkan aktifitasnya dengan motor tersebut.

 

Baca Juga

Khusus Motor Kopling, Lakukan Hal Berikut Saat Penggantian Kopling

• Spread The Love •

Your Comment