OtoExpo.com – Bangun pagi yang diikuti meminum segelas air hangat sangat disarankan oleh para ahli kesehatan. Terlebih lagi bila air hangat tersebut ditambah dengan perasan atau jus Lemon, maka akan lebih terasa lagi kesegaran dan khasiatnya.

Gaya hidup sehat ini memang patut dicoba, dimana sebenarnya mengkonsumsi air hangat atau air campuran perasan lemon sangat bagus bagi kesehatan. Bahkan jauh sebelum alpukat populer sebagai superfood, orang sudah terlebih dahulu mengenal dan minum air lemon.

Lemon dapat dicampurkan kedalam minuman, baik berupa jus lemon murni atau air yang diberi beberapa sendok makan jus lemon. Infused water dengan irisan jeruk lemon juga jadi favorit.

Apa saja sih sebenarnya khasiat air lemon bagi tubuh?

Seperti dikutip dari Prevention, Laura Neville N.D., seorang dokter naturopati mengatakan bahwa air lemon punya khasiat sehat secara ilmiah. Selain mempunyai asupan vitamin C, air lemon juga memberi banyak khasiat pada tubuh, diantaranya:

a. Menstabilkan selera makan
Air lemon dikatakan dapat mencegah rasa lapar akibat pektin penyeimbang gula darah (sejenis serat larut) dan mojo yang bisa menghidrasi. Apabila setelah makan makanan berat, namun masih ingin ngemil sebaiknya lakukan langkah berikut; campurkan 1 cangkir air hangat dengan 1/2 buah jeruk lemon yang diambil airnya dan sedikit kulit lemon. Selain itu bisa juga ditambahkan dengan sedikit madu.

b. Menambah energi 
Saat meminum air lemon, maka kamu akan mendapatkan sekaligus dua jenis vitamin. Pertama adalah vitamin C yang bermanfaat meningkatkan penyerapan zat besi, karena jika tubuh kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan. Kedua, vitamin B yang berguna membantu produksi energi. Campurkan satu irisan lemon (termasuk kulitnya), tambahkan sedikit air jika perlu, lalu masukkan es batu. Kemudian aduk dan tambahkan ke smoothies kale yang kaya akan zat besi.

c. Manfaat melindungi sel-sel
Lemon dipercaya memiliki lebih banyak vitamin C daripada jus jeruk segar, ditambah antioksidannya yang tinggi sehingga mampu menangkal kerusakan sel yang terakumulasi dari waktu ke waktu, atau bahkan menjadi faktor penyebab kanker dan penyakit jantung.

Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukkan kolagen, yang bisa membantu luka dan goresan pada kulit menjadi cepat sembuh. Selain dikonsumsi sebagai minuman, air lemon juga bisa dijadikan pelengkap masakan.

d. Mengatasi kembung dan asam lambung
Air lemon dapat membantu pencernaan dan mengurangi rasa kembung. Asam sitrat dalam lemon dapat melengkapi asam lambung alami yang dapat membantu memecah makanan. Air lemon juga merupakan sumber potasium, mineral yang membantu menjaga kadar natrium yang berpotensi mengurangi kembung yang disebabkan garam.

e. Mecegah pembentukan batu ginjal 
Minumlah jus dari 2 buah lemon yang diencerkan dalam air setiap hari. Hal ini dapat mengurangi risiko batu ginjal. Citrine, garam dalam asam sitrat, berikatan dengan kalsium, yang bisa membantu menghalangi pembentukan batu. Faktanya, batu ginjal kronis sering diobati dengan kalium sitrat, tetapi penelitian telah membuktikan bahwa lemon juga dapat menyembuhkan dengan baik.

1 Komentar

Your Comment