Menangkal Sakit Perut di Pagi Hari, Coba Makanan Berikut Ini!

 

OtoExpo.com – Saat bangun pagi hari biasanya orang sering merasakan sakit perut dan mulas. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kerja usus besar yang terinflamasi dan tidak sanggup untuk mencerna makanan yang tinggi serat dan lemak secara sempurna.

Oleh karena itu para ahli nutrisi sering mengingatkan untuk mengurangi konsumsi makanan berserat tinggi di malam hari.

Namun jika bangun pagi kemudian kamu merasa sakit perut karena terlalu banyak mengonsumsi serat dan lemak, jangan kuatir dengan hal tersebut. Selain sebagai aktivitas tubuh saat mencerna, gejala ini juga dapat diredakan dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini:

1. Roti dan nasi putih

Tepung terigu dalam roti telah diolah dan tak banyak mengandung serat, yang berarti lebih mudah dicerna tubuh. Nasi putih juga termasuk dalam kategori rendah serat sehingga membantu kamu mengatasi sakit perut.

2. Daging ayam

Mengonsumsi daging ayam tanpa lemak bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu meredakan perut yang mengganggu. Selain ayam, jika ingin mencoba protein lain maka ikan bisa menjadi alternatif. Tapi usahakan hindari ikan-ikan berlemak seperti makerel, sarden, dan salmon.
Merasa mual untuk mengunyah daging? Mungkin kamu bisa memilih untuk memakan sup ayam agar lebih mudah dicerna. Bahkan hanya meminum kuah sup saja bisa membantu menghidrasi tubuhmu, yakni kombinasi garam dan air.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum, yang jika dimasak komponennya terpecah dan secara tidak langsung membantu proses pencernaan bahkan sebelum masuk ke dalam mulut. Jika ingin menambahkan sesuatu ke oatmealmu, berilah buah-buahan segar.

4. Ubi manis

Ubi manis merupakan makanan yang mudah dicerna dan tentu saja terasa enak dan bernutrisi. Kamu bisa memanggangnya atau merebusnya dan siap dinikmati (jangan lupa kupas kulitnya!).

5. Telur

Telur rebus matang merupakan makanan paling mudah dan bagus untuk membantu meredakan perut yang mulas dan sakit. Jika tak ingin meresbu telur, bisa dijadikan orak-arik juga namun ingat untuk tidak menggunakan banyak minyak atau mentega.

6. Teh herbal

Terakhir, walaupun bukan makanan, teh herbal bisa menjadi kunci penting jika kamu merasa tak sanggup makan namun perut melilit. Di antara semua teh herbal, teh kamomil bisa menjadi pereda sakit perut yang terbaik, selain itu ada teh jahe untuk cegah muntah dan teh mint untuk meredakan sakit perut dan diare.

Selain makanan diatas juga terdapat beberapa buah-buahan yang dapat dijadikan alternatif lainnya, seperti pisang dan semangka. Selamat mencoba!

 

 

 

(Sumber: dikutip dari detikhealth.com)

Komentar