Maserati Multi 70 siap untuk Rolex Middle Sea Race

OTOExpo.com –  Tim Giovanni Soldini dan Maserati Multi 70 siap untuk Rolex Middle Sea Race, yang diselenggarakan oleh Royal Malta Yacht Club, yang akan dimulai Sabtu 17 Oktober dari Valletta, Malta. Edisi ke-41 dari lomba kapal layar bersejarah secara resmi menandai dimulainya kembali musim balap Maserati Multi 70, yang ditunda sejak Februari karena keadaan darurat medis.




Karena pandemi yang sedang berlangsung, Soldini dan krunya berhenti di Marina di Ragusa, Sisilia, dari mana mereka akan berlayar untuk tiba di Valletta hanya beberapa jam sebelum lomba dimulai. Soldini menjelaskan, “Sayangnya virus masih menjadi masalah dan kami ingin memastikan bahwa semua orang – baik kami maupun semua orang – seaman mungkin. Kami setuju dengan organisasi perlombaan bahwa kami akan tiba di Malta pada hari yang sama disaat perlombaan dimulai dan kami tidak akan mendarat, untuk mengurangi risiko penularan”.

Maserati Multi 70 siap untuk Rolex Middle Sea Race

Grup pertama dari 57 kapal yang mengikuti perlombaan, 11 di antaranya adalah Italia, akan berlayar pada 17 Oktober, pukul 11.00 pagi waktu setempat (9.00 UTC), grup terakhir yang memulai adalah multihull, di antaranya adalah Maserati Multi 70.

Di kategori multihulls, Tim Maserati Multi 70 akan menantang lima kompetitor. Saingan langsung mereka adalah MOD 70 Mana (mantan Spindrift), dipimpin oleh Brian Thompson.

Di samping dua MOD70, akan ada tiga trimaran lagi: Antoine Rabaste’s 80’ Ultim’Edition 2, yang sudah ditantang oleh Tim Italia selama Cape2Rio 2020 dengan nama LoveWater; Shockwave 63′, dipimpin oleh Jeff Mearing dan Scott Klodowski; Multi 50 Primonial, dipimpin oleh Sébastien Rogues, pemenang tempat ketiga di Transat Jacques Vabre 2019.

Maserati Multi 70 siap untuk Rolex Middle Sea RaceTerakhir, akan ada juga katamaran dalam kategori multihulls, Italian Outremer 55 Light Asia’, yang dipimpin oleh Marcello Patrizi.

Soldini menjelaskan, “Untuk edisi lomba layar ini kami akan balapan dalam mode MOD klasik. Kami saat ini sedang mengerjakan apendiks terbang: kami sedang mengembangkan aset yang benar-benar baru, dengan kemudi tengah, papan belati, dan foil mutakhir yang secara radikal akan mengubah dunia penerbangan samudra. Kami akan mengerjakannya selama beberapa bulan lagi, jadi untuk saat ini kami harus berlayar dengan lampiran MOD”.

Di atas kapal trimaran Italia, bersama nakhoda Giovanni Soldini, akan ada 7 orang kru: Matteo Soldini dan Oliver Herrera Perez, bagian dari Tim Maserati Multi 70; kembali ke papan Vittorio Bissaro, yang telah berpartisipasi dalam banyak balapan dengan Tim, termasuk Rolex Middle Sea Race 2018; juga kembali, setelah Cape2Rio 2020, John Elkann dan Pierre Laurent Boullais; akhirnya dua pelaut lagi, untuk pertama kalinya, Lorenzo Bressani, dengan 11 gelar Dunia, 8 gelar Eropa dan 16 gelar Italia atas namanya, dan Cédric Bader, seorang pelaut muda yang berlomba di banyak kelas, termasuk Formula 18 dan Nacra 17.

Maserati Multi 70 siap untuk Rolex Middle Sea Race

Giovanni Soldini dan krunya sudah berpartisipasi dalam dua edisi Rolex Middle Sea Race (pada 2016 dan 2018) di atas kapal Maserati Multi 70, memenangkan Line Honors dua kali dan, pada 2016, mencetak rekor multihull baru (2 hari, 1 jam, 25 menit dan 1 detik). Rekor keseluruhan menjadi milik George David yang, pada tahun 2007, menyelesaikan balapan dalam 1 hari, 23 jam, 55 menit, dan 3 detik dengan monohull Rambler.




Jalur balapan dimulai di Valletta, Malta dan jaraknya sekitar 608 mil. Kapal akan berlayar berlawanan arah jarum jam di sekitar Sisilia, meninggalkan Favignana, Pantelleria, dan Lampedusa ke pelabuhan, sebelum kembali ke Valletta menuju garis finish.

• Spread The Love •

Your Comment