Lakukan Hal Berikut Agar Rumah Tidak Kemalingan

OTOExpo.com – Rumah kemalingan biasanya terjadi disaat rumah dalam keadaan kosong. Biasanya, rumah kosong itu disaat para penghuni sedang keluar kota dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya dalam rangka pulang kampung (lebaran) atau seluruh keluarga melakukan travelling.

Rumah yang kosong menjadi incaran perampok untuk memasukinya. Biasanya para perampok sebelum melaksanakan aksinya, sudah memantau sekitar 2-3 hari hingga mereka tahu waktu yang aman untuk melancarkan aksinya.

Berikut ini beberapa tips agar rumah anda terhindar dari kemalingan.

Jangan Biarkan Ada Barang Tergeletak di Depan Rumah

Maksudnya disini adalah, barang dalam bentuk paket, koran, surat, dsb. Karena salah satu tanda rumah yang kosong adalah banyaknya barang-barang tersebut tergeletak di depan rumah.

Ini menandakan bahwa pemilik rumah sedang tidak ada di tempat dan siapapun bisa menerobos masuk dengan leluasa.

Jadi, Jika anda merencanakan bepergian dalam waktu yang lama,, pastikan tidak ada paket yang datang kerumah. Atau lebih baik untuk mengirimkan paket dan surat ke rumah tetangga yang sedang ada di rumah.

Untuk koran, kamu bisa berhenti berlangganan untuk sementara dan melanjutkannya lagi ketika sudah pulang ke rumah.

Jalin Hubungan Baik dengan Tetangga

Menjalin hubungan dengan tetangga merupakan hal yang krusial. karena secara tidak langsung tetangga merupakan orang yang dekat dengan anda dan mereka juga dapat menjaga rumah anda.

Dengan menjalin hubungan yang baik, mereka pasti akan mengenali anda, anggota keluarga anda, dan juga kerabat dekat anda.

Para pencuri akan merasa segan untuk beraksi di lingkungan dimana para tetangga bersahabat satu sama lain. Karena wajah asing mereka akan dengan gampang dikenali para tetangga dan dapat menimbulkan rasa curiga.

Lakukan Hal Berikut Agar Rumah Tidak Kemalingan

Buatlah Banyak Pergerakan di Rumah

Dalam melancarkan aksinya,  mereka akan mengintai rumah anda minimal  dua hari. Dalam waktu dua hari tersebut, cukup buat mereka untuk dapat menentukan langkah selanjutnya. Rumah yang selalu terlihat sepi akan menjadi sasaran empuk para pencuri.

Memelihara Anjing

Peliharalah anjing. Secara tidak langsung, anjing dapat menjadi penjaga rumah. Selain dapat menjadi penjaga, anjing juga bisa jadi ‘alarm’, semakin keras suara gonggongannya, semakin baik.

Tanaman Rimbun di Sekitar Rumah

Memelihara tanaman atau pohon besar di depan rumah sangatlah tidak disarankan. Beberapa mantan pencuri mengatakan bahwa mereka sering menggunakannya sebagai tempat bersembunyi ketika sedang menunggu target untuk meninggalkan rumah.

CCTV Palsu

Dengan adanya CCTV palsu, sebenarnya mereka merasa ragu untuk merampok rumah seseorang. Mereka juga mengaku bahwa mereka merasa kesusahan untuk membedakan mana alat asli dan palsu. Kebanyakan dari mereka tidak akan meneliti terlebih jauh dan lebih memilih untuk melewati rumah tersebut.

Jangan Unggah di Media Sosial

Disarankan untuk tidak memposting foto-foto liburan anda atau hari-H liburan anda sedang berlangsung. Itu sama saja anda sama saja sedang memberi tahu para pencuri di luar sana bahwa anda sedang tidak ada di rumah, dan menjadikan rumah anda menjadi sasaran para maling.

Komentar