OTOExpo.com –  Bagi motor “laki” yang menggunakan kompling, seringkali motor yang sudah lebih 2 tahun ditandai dengan kopling terasa slip, dan menyebabkan tarikan motor menjadi lemah. Kalau sudah seperti itu, harus segera diganti agar performa motor kembali enak dikendarai.

Sebelum melakukan penggantian kampas kopling, OTOExpo.com ingin sedikit berbagi tips yang didapat dari Bengkel ” Indah Motor” di bilangan Pisangan, Jakarta-Timur.

“Kampas kopling baru sebelum dipasang baiknya direndam dulu pake oli. Tapi oli yang baru ya… jangan yang bekas,” terang Ipul seorang mekanik di Indah Motor.

Menurutnya, oli di dalam bak kopling itu tidak sepenuhnya merendam semua kampas kopling.

“Dengan direndam dahulu ke oli yang baru, kampas kopling akan menjadi lebih awet dan tidak cepat habis. Kalau dipasang tanpa direndam dulu, itu bisa bikin kampas kopling cepat habis. Atau kopling menjadi gosong akibat gesekan yang berlebihan,” terangnya lagi kepada OTOExpo.com.

Khusus Motor Kopling, Lakukan Hal Berikut Saat Penggantian Kopling

Kampas kopling yang awet tentu hemat kantong pemakai motor. Kampas kopling yang direndam dengan oli baru tersebut juga berlaku bagi seluruh bahan kampas kopling tersebut.

Seperti :
  • Kevlar
  • Asbes
  • Keramik
  • dll

Akan tetapi, kampas kopling yang direndam ke oli baru tersebut tidak berlaku untuk motor jenis matik. Karena dapat menyebabkan motor matik menjadi slip.

“Hal ini tidak berlaku untuk motor jenis matik ya… bahaya, bisa slip.” pungkasnya

Spread The Love

Leave a Reply

Your email address will not be published.