Kasus Mesin Dingin Motor Nyala, Mesin Panas Motor Mati

OTOExpo.com – Belum lama ini seorang teman berhasil membeli motor baru yang di beli secara tunai. Ajun membeli motor secara tunai karena tidak ingin ada hutang di kemudian hari.

Sayangnya, motor yang baru dibeli tersebut ada sedikit kendala. Sekitar 3 bulan pemakaian normal, motor tersebut seringkali mati mati sendiri di tengah jalan. Anehnya mesin mati disaat sudah “panas” dan bisa hidup lagi saat mesin sudah dalam keadaan dingin.

Lantas dimana penyebabnya?

Pihak bengkel mencoba perbaiki, Saat cek api ternyata tidak ada, di coba ganti busi ternyata api belum juga muncul. Kemudian cek kondisi tahanan ignition coil menggunakan pocket tester ternyata kondisi tahanan koil masih bagus.

“Cek kondisi CDI tahanannya juga masih bagus. Upaya terakhir kondisi spul.” ucap imron seorang mekanik di pondok gede.

“Ternyata disini penyebabnya” ungkapnya.

Setelah ketemu penyebabnya, maka penggantian spul baru di lakukan. Setelah terpasang lanjut pengetesan, motor di hidupkan sekali pencet langsung hidup.

Kasus seperti ini sama seperti yang terjadi pada semua motor jika kondisi pengapian tidak normal. Hal tersebut karena kondisi spul terutama bagian pulsernya sudah tidak normal lagi.

Kasus Mesin Dingin Motor Nyala, Mesin Panas Motor Mati
Pic. Istimewa
Sistem pengapian

Jika diurutkan, sistem pengapian pada motor terdiri dari  :

  • BUSI
  • IGNITON COIL
  • CDI
  • KIPROK
  • AKI ( khusus pengapian DC)
  • SPUL
  • KABEL BODI.

Jadi saat ada kejadian api hilang bisa di cek dengan urutan seperti tadi, sistem pengecekan harus urut jangan acak agar pengecekannya mudah terdeteksi.

Contohnya saat api mati dicek kondisi busi dulu jika masih bagus lanjut ke koil lanjut ke CDI dan terakhir spul. Jika saat mengecek CDI ternyata mati tentunya bagian sistem pengapian yang lain harus dicek juga kondisinya.

13 Komentar

  1. Motor saya vario 125 old kalo mesin dingin motor nya normal tp kalo panas mesin nya sering mati di stater sulit trs di gas jg kyk motor kehabisan bensin itu kenapa ya??

    1. Berarti vario 125 karbu, Vario 125 karbu masalah yang sering dihadapi dari selang penyedot bensin yang nempel ke magnifold. Busi bisa dari faktor usia busi. Alangkah baiknya cek kondisi dua hal tersebut diatas…
      semoga membantu…

      1. BTW, itu diluar bunyi bunyi di gardan ya…

  2. Motor saya vario 125 old, kalo mesin dingin motor nya normal kalo udh panas pasti mati pas berhenti trs di stater juga agak susah & di gas jg kyk motor kehabisan bensin itu kenapa ya??

    1. Berarti vario 125 karbu, Vario 125 karbu masalah yang sering dihadapi dari selang penyedot bensin yang nempel ke magnifold. Busi bisa dari faktor usia busi. Alangkah baiknya cek kondisi dua hal tersebut diatas…
      semoga membantu…

    2. BTW itu diluar bunyi bunyi di gardan ya, klo masalah bunyi di gardan, beda lagi….

  3. Permisi kak numpang tanya
    Apa penyebab mesin motor sering mati bila panas dan bila dingin hidup kembali dan tenaga berkurang dan ada bunyi juga di bagian gardan

    1. Motor apa dulu om? Soalnya setiap motor beda beda… Apakah matik atau kopling? Injeksi atau karbu? Dan banyak penyebabnya….

  4. Bagaimana cara menentukan coil atau di msh normal

    1. Berdasarkan pengapiannya….. Caranya, cek yg keluar dari kabel koil.. Kalo apinya keluarnya kecul, berarti sudah lemah….

    1. Motor saya supra fit klo dingin motor stater ngacir…tpi giliran motor udah pan as tau tau mati pas jln pdahal pengapianya bagus…kira ap penyebabny ya..mohon pencerahanya

      1. Dari busi juga bisa.kak, walaupun saat dingin pengapiannya bagus. Atau bisa juga dari pentilator yang terlalu rapet. (pentilator terletak di dalam karbu)
        Tapi saya curiganya dari businya yang sudah lemah kak..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *