Kasus Mesin Dingin Motor Nyala, Mesin Panas Motor Mati

Kasus Mesin Dingin Motor Nyala, Mesin Panas Motor Mati

OTOExpo.com – Belum lama ini seorang teman berhasil membeli motor baru yang di beli secara tunai. Ajun membeli motor secara tunai karena tidak ingin ada hutang di kemudian hari.

Sayangnya, motor yang baru dibeli tersebut ada sedikit kendala. Sekitar 3 bulan pemakaian normal, motor tersebut seringkali mati mati sendiri di tengah jalan. Anehnya mesin mati disaat sudah “panas” dan bisa hidup lagi saat mesin sudah dalam keadaan dingin.

Lantas dimana penyebabnya?

Pihak bengkel mencoba perbaiki, Saat cek api ternyata tidak ada, di coba ganti busi ternyata api belum juga muncul. Kemudian cek kondisi tahanan ignition coil menggunakan pocket tester ternyata kondisi tahanan koil masih bagus.

“Cek kondisi CDI tahanannya juga masih bagus. Upaya terakhir kondisi spul.” ucap imron seorang mekanik di pondok gede.

“Ternyata disini penyebabnya” ungkapnya.

Setelah ketemu penyebabnya, maka penggantian spul baru di lakukan. Setelah terpasang lanjut pengetesan, motor di hidupkan sekali pencet langsung hidup.

Kasus seperti ini sama seperti yang terjadi pada semua motor jika kondisi pengapian tidak normal. Hal tersebut karena kondisi spul terutama bagian pulsernya sudah tidak normal lagi.

Kasus Mesin Dingin Motor Nyala, Mesin Panas Motor Mati
Pic. Istimewa
Sistem pengapian

Jika diurutkan, sistem pengapian pada motor terdiri dariĀ  :

  • BUSI
  • IGNITON COIL
  • CDI
  • KIPROK
  • AKI ( khusus pengapian DC)
  • SPUL
  • KABEL BODI.

Jadi saat ada kejadian api hilang bisa di cek dengan urutan seperti tadi, sistem pengecekan harus urut jangan acak agar pengecekannya mudah terdeteksi.

Contohnya saat api mati dicek kondisi busi dulu jika masih bagus lanjut ke koil lanjut ke CDI dan terakhir spul. Jika saat mengecek CDI ternyata mati tentunya bagian sistem pengapian yang lain harus dicek juga kondisinya.

1 Comment

Your Comment