Jokowi Dukung Perkembangan Otomotif Tanah Air Dengan Meresmikan Pabrik ESEMKA

OTOExpo.com – Dunia otomotif memang menjanjikan. Presiden Republik Indonesia, Jokowi sangat mendukung otomotif di tanah air. Hal ini dibuktikannya dengan hadirnya Jokowi untuk meresmikan pabrik sarana dan prasararana PT. Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Kabupaten Boyolali.

Jokowi Dukung Perkembangan Otomotif Tanah Air Dengan Meresmikan Pabrik ESEMKA
Foto: BPMI Setpres/Kris
Dukungan Pribadi

Dikutip dari laman resmi sekretariat kepresidenan, dalam sambutannya, Presiden mengatakan, peresmian pabrik tersebut merupakan bentuk dukungannya secara pribadi terhadap pengembangan industri otomotif nasional.

“Mobil Esemka ini adalah brand dan principal-nya Indonesia. Ini adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih sepuluh tahun yang lalu oleh para teknisi dan oleh anak-anak SMK. Banyak yang bertanya kenapa saya mau meresmikan pabrik Esemka ini. Ya karena saya ingin mendukung pengembangan industri otomotif nasional. Mendukung merek lokal, mendukung merek nasional. Itu saja jawabannya,” ujarnya.

Jokowi Dukung Perkembangan Otomotif Tanah Air Dengan Meresmikan Pabrik ESEMKA
Foto: BPMI Setpres/Kris

Berdirinya pabrik tersebut menandai langkah dan upaya awal bagi otomotif Indonesia untuk meningkat ke level manufaktur dan membangun industri otomotif lokal.

Selain itu, pabrik baru Esemka ini tentunya akan mendatangkan efek berganda bagi industri-industri lain termasuk industri kecil dan menengah. Esemka diketahui telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan-perusahaan lokal untuk pengadaan suku cadang kendaraan yang diproduksinya.

Memajukan Boyolali

Dengan beroperasinya pabrik ini, dapat dipastikan akan turut menggerakkan ekonomi Kabupaten Boyolali dan sekitarnya.

Dalam kunjungan peresmian pabrik tersebut, Presiden diajak untuk menyaksikan proses perakitan yang berlangsung.

Tidak lupa, Presiden juga menjajal langsung model angkutan niaga Esemka Bima bersama dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang berada di balik kemudi.

Jokowi Dukung Perkembangan Otomotif Tanah Air Dengan Meresmikan Pabrik ESEMKA
Foto: BPMI Setpres/Kris

Esemka Bima merupakan sebuah kendaraan truk ringan dengan bak terbuka yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan niaga masyarakat Indonesia.

Interview
  • Terkait kunjungan di pabrik mobil Esemka, Pak. Bagaimana tanggapannya?

Presiden RI : Ya tadi saya dengan Pak Menteri Perindustrian telah mencoba mobil pickup produksi PT Esemka yang diberi nama Bima. Ini 1.200 cc. Coba dan dari awal tadi saya juga telah melihat assembly line, tadi ada finishing line, ada juga pengujian mesin. Semuanya saya kira proses-proses di sini nanti perlu dilihat semuanya.

Tetapi yang paling penting, sekali lagi, ini adalah brand dan principal Indonesia. Kemudian saya tanya untuk urusan harga karena yang namanya produksi itu kadang-kadang juga mudah, tapi memasarkannya yang sulit kalau harganya tidak sesuai dengan keinginan konsumen. Saya melihat harganya juga harga yang kompetitif.

Tadi tanya ke manajemen, “Harganya berapa, Pak?”, “Rp 95 juta off the road,” Oh, ya murah. Feeling saya laku keras.

  • Kualitasnya Pak?

Presiden RI: Ini sekali lagi ya, ini adalah produksi yang pertama. Produksi yang pertama. Kualitas menurut saya cukup baik. Kalau ada kurang-kurang sedikit, ya namanya produksi pertama. Tapi sudah sangat bagus untuk sebuah produksi pertama baik dari sisi desain. Pak Menteri tadi nyetir.

Menteri Perindustrian: Nyetirnya enak.

Presiden RI: Nyetirnya juga enak.

Menteri Perindustrian: Tapi yang paling penting Pak Presidennya tenang.

  • Pak, target pasarnya?

Presiden RI: Ya target pasar tanya ke manajemen PT Esemka. Kok, tanya ke saya?

  • Ada tidak bantuan dari pemerintah, maksudnya untuk mendorong pembelian yang lebih banyak?

Presiden RI: Enggak, enggak ada. Sekali lagi, enggak ada. Ini adalah… akan lebih baik kalau PT Esemka sebagai sebuah perusahaan swasta itu ya mandiri, berani berkompetisi, berani bersaing dengan produk-produk lain. Akan bisa survive kalau punya produksi yang baik, harganya baik, ya pasti pasar akan terima. Masyarakat akan beli. Tapi memang mempunyai sebuah keunggulan yaitu ini sebuah brand dan principal Indonesia.

  • Pak, enakan mana Pak dengan yang (tipe) Rajawali waktu di balai kota atau yang itu tadi?

Presiden RI: Ya sama. Hanya itu kan SUV, kalau yang ini kan pickup. Karena memang pasarnya yang lebih besar mungkin, mungkin ya, dari manajemen sudah survei pasarnya, pasarnya yang lebih menjanjikan mungkin yang pickup sehingga pickup didahulukan.

  • Apakah akan dikembangkan jadi mobil nasional juga mungkin Pak?

Presiden RI: Tanya ke Pak Menteri Perindustrian.

 

Sumber : Laman Resmi Sekretariat Kepresidenan


 

Baca Juga ….

ESEMKA Siap Mengaspal Setelah Sekian Lama Ditunggu

• Spread The Love •
  • 3
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.