Ini Yang Terjadi Apabila Motor Kekurangan Oli

OTOExpo.com – Oli merupakan komponen yang wajib pada mesin kendaraan. Fungsi oli sangat penting, untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor.

Oli sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin maupun komponen lainnya dalam motor. Beberapa di antaranya adalah berfungsi untuk pelumas, pelindung, pembersih dan pendingin mesin.

Karena peruntukkannya yang vital, maka usahakan setiap bulan selalu ganti oli. Untuk takarannya pun tidak bisa sembarangan. Takaran oli motor biasanya 0,8 liter, sedangkan untuk motor yang besar bisa mencapai 3,8 liter.

Kalau cairan tersebut dalam kondisi kotor dan volumenya sudah berkurang, alhasil mesin harus bekerja ekstra keras sehingga gesekannya akan semakin kuat. Selain itu juga tarikan mesin menjadi lebih berat.

Lantas, apa efeknya kalau sampai kekurangan oli? Efek kalau sampai motor kekurangan oli itu mulai dari komponen jadi cepat haus. Parahnya dapat menyebabkan turun mesin. Walau efeknya gak terasa secara langsung, tapi lama kelamaan bisa berasa ke performa motor.

Ini Yang Terjadi Apabila Motor Kekurangan Oli

Salah satu akibat yang ditimbulkan dari kekurangan oli mesin adalah pelumasan mesin jadi kurang optimal. Terlebih ketika pertama kali dihidupkan disaat motor lama tidak digunakan.

Saat motor dinyalakan, pompa oli dipastikan bekerja lebih berat. hal itu disebabkan karena debit oli yang kurang. Efeknya, knalpot motor bisa ngebul dan suhu mesin menjadi jauh lebih panas.

Selain itu, komponen penting yang ada di mesin seperti silinder, blok, dan ring piston jadi lebih cepat aus dan baret. Kalau sudah baret, dapat dipastikan mesin kendaraan tidak awet.

Akan tetapi, hal yang paling dirasakan adalah kompresi motor jadi lemah dan kinerja mesin dijamin bakal menurun. kalau didiemkan, lama-kelamaan akan turun mesin. Secara biaya pengerjaan turun mesin gak murah.

untuk itu, usahakan motor jangan sampai kekurangan oli dan takarannya juga harus pas sesuai dengan petunjuk buku manualnya. Selalu pastikan oli motor yang digunakan asli. Motor yang perawatannya rutin, tentu lebih nyaman dipakai harian dan gak bikin kalian khawatir mogok dijalan.

Komentar