OTOExpo.com –  NGK Busi Indonesia belum lama ini meluncurkan busi laser iridium dengan part number ILKAR6B11. Busi ini diperuntukkan untuk mobil mesin Toyota bertipe NR-Engine seperti Toyota Avanza, Sienta, Yaris, Rush, dan sebagainya.



“Busi ini sangat istimewa, karena diciptakan secara khusus agar dapat bersinergi dengan kendaraan Toyota bertipe NR-Engine seperti Toyota Avanza, Sienta, Yaris, Rush, dan sebagainya atas permintaan pasar yang cukup besar untuk busi dengan performa tinggi bagi mobil mereka,” papar General Manager Sales & Marketing NGK Busi, Takashi Shimizu.

Busi tersebut memiliki kualitas tinggi dan terbaik di kelasnya dengan masa pakai yang lebih lama. Hal tersebut dikarenakan penggunaan kombinasi dari material yang digunakan, yaitu Platinum dan Iridium di kedua elektrodanya.

Tingkat keausan bahan iridium dan platinum terbukti lebih rendah, dan juga memiliki ketahanan terhadap suhu yang tinggi.

NGK Indonesia Rilis Busi Premium Laser Iridium
Sesi peluncuran NGK Busi Laser Iridium via Zoom

Bahan platinum pada elektroda massa dipilih untuk menaikkan durabilitas. Platinum pada ujung tip elektroda massa dapat membuat loncatan bunga api dan tidak membuat keausan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan saat api busi tercipta maka akan fokus di bagian elektroda massa dengan penggunaan bahan platinum tersebut.



Dari sisi performa, busi laser iridium dapat menyebabkan proses pembentukan api di dalam ruang bakar lebih cepat, sehingga performa kendaraan pun meningkat dan gas buang yang dihasilkan akan menjadi lebih rendah.

“Berkat hasil pembakaran yang optimal setelah menggunakan busi ini, maka otomatis emisi gas buang yang dihasilkan akan menjadi lebih rendah sehingga sang pemilik mobil dapat turut berkontribusi positif dalam menekan angka polusi,” ungkap  Diko Oktaviano, tim teknis NGK Busi Indonesia.

Teknologi DFE (Double Fine Electrode)

Busi laser iridium menggunakan teknologi DFE (Double Fine Electrode) yang mampu meminimalisir kerak deposit karbon, tenaga mobil yang dihasilkan pun akan semakin lebih baik dan usia pakai menjadi lebih panjang. Busi laser iridium untuk penggunaannya sanggup hingga 100.000 kilometer.

NGK Indonesia Rilis Busi Premium Laser Iridium
Peluncuran Busi Laser Iridium via webinar

“Laser Iridium ini menurut klaim NGK Busi Indonesia bisa sampai 100.000 kilometer sudah melalui tahap uji coba sebelum dipasarkan, jadi busi aman digunakan sampai jarak tersebut,” pungkas Diko Oktaviano.***

Busi Laser Iridium dipasarkan dengan harga sekitar Rp. 200.000,-


Your Comment