Industri Komponen Otomotif Terancam Gulung Tikar Terkait Kendaraan Listrik

OTOExpo.com –  Berdasarkan peta jalan yang dirancang oleh Kementerian Perindustrian, populasi kendaraan listrik di Indonesia ditargetkan mencapai 20 persen dari total volume penjualan domestik pada 2025 mendatang.

Dengan kehadiran kendaraan listrik tersebut, otomatis industri komponen otomotif bakalan terancam tutup apabila kendaraan listrik telah berjalan secara optimal sesuai dengan target yang telah ditetapkan pemerintah untuk menciptakan udara yang bersih bebas polusi kendaraan bermotor.

Untuk mencegah hal tersebut, diperlukan kebijakan sekaligus tindakan dari pemerintah agar industri komponen kendaraan yang  konvensional untuk cepat beralih.

Dalam diskusi Forwot x Forwatim mengenai keberadaan mobil listrik di Indonesia (26/11/2020) Riyanto selaku Senior Researcher LPEM-FEB Universitas Indonesia mengungkapkan bahwa kehadiran era mobil listrik dapat mematikan industri komponen otomotif jika pemerintah tidak melakukan pencegahan.

IEMS 2019 Menjadi Ajang Perdalam Serta Pemahaman Masyarakat Tentang Kendaraan Listrik

“Ini yang menjadi pemikiran bersama dengan adanya kendaraan listrik. Tentunya akan banyak industri komponen yang terdegradasi, karena komponen kendaraan listrik berbeda dengan kendaraan biasa,” ungkap Riyanto.

• Spread The Love •
  • 1
    Share

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.