Hyundai Atap Panel Listrik Siap Meluncur

OTOExpo.com Perusahaan Korea Selatan tengah mengembangkan panel surya untuk mobil sebagai cara untuk membuatnya lebih efisien, lebih nyaman untuk dikendarai, dalam hal model hibrida atau listrik.

Panel Surya

Teknologi yang digunakan berupa panel surya yang terletak di atap kendaraan dan dapat pengontrol, paket baterai, dan kabel untuk menghubungkan komponen lainnya. Sinar matahari di Panel listrik akan diubah tegangan standar sebelum mengirimnya ke baterai. mereka mengklaim atap surya dapat mengisi kapasitas daya listrik baterai mobil hingga 30 sampai 60 persen, dalam enam jam pengisian per hari.

Dilansir dari digitaltrends.com, dalam pengaplikasiannya, listrik yang dihasilkan oleh sinar matahari akan menuju ke baterai biasa atau baterai tambahan yang dipasang khusus untuk keperluan penyimpanan. Kemudian dimasukkan ke sistem listrik mobil untuk membantu aksesori daya seperti sistem infotainmen dan sistem kontrol iklim. Atap surya ini dapat mengisi daya baik saat mobil dalam keadaan diam maupun berjalan.

Mengurangi Ketergantungan

Setelah siap diproduksi, teknologi ini akan memungkinkan pemilik mobil hibrida dan listrik untuk mengurangi ketergantungan mereka pada jaringan listrik. Ini juga akan mengubah mobil menjadi generator dan dispenser daya; sebuah truk listrik dapat menggunakan listrik yang dihasilkan sinar matahari untuk menyalakan bor di lokasi kerja di daerah terpencil, misalnya.

“Di masa depan, berbagai jenis teknologi pembangkit listrik, termasuk sistem pengisian tenaga surya, akan terhubung ke kendaraan. Ini akan memungkinkan mereka untuk berkembang dari perangkat pasif yang mengkonsumsi energi menjadi solusi yang secara aktif menghasilkan energi, ”jelas Jeong-Gil Park, wakil presiden eksekutif divisi desain teknik Hyundai.

Hyundai bukan perusahaan pertama yang bereksperimen dengan panel surya yang dipasang di atap. Di Jepang, versi hybrid plug-in dari Toyota Prius dapat menerima panel surya.

Hyundai Atap Panel Listrik Siap Meluncur

Dapat Hancur

Teknologi ini tidak sah di Amerika Serikat, karena kaca panel yang disematkan dapat hancur jika terjadi rollover, tetapi Toyota percaya bahwa undang-undang yang relevan akan berubah di tahun-tahun mendatang. Saat bereksperimen dengan teknologi serupa pada tahun 1985 tetapi tidak pernah membawanya ke produksi.

Menyerap Sinar Matahari

Sel surya bisa menambah biaya dan berat pada mobil, dan tidak jelas seberapa efektifnya sistem ini di dunia nyata. Sel ini perlu diposisikan dengan baik untuk menyerap sinar matahari secara maksimal, dan hal ini tidak selalu memungkinkan dalam keadaan mengemudi sehari-hari. Model Sonata Hybrid baru akan menggunakan mesin 2.000 cc dan empat silinder dengan bantuan listrik.

• Spread The Love •

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.