Honda ADV150 Memiliki Fitur Canggih 'ESS' Yang Biasanya Ada di Moge

OTOExpo.com – Honda ADV150 meluncur mulus di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Skuter matik yang digadang-gadang sebagai penantang N=Max ini memiliki berbagai fitur unggulan, salah satunya Emergency Stop Signal atau ESS.

Honda ADV 150 menjadi skutik pertama milik Honda yang dipasangkan fitur tersebut. Sebelumnya, ESS hanya bisa ditemukan di CBR150R dan motor touring Goldwing.

Adapun fungsi utama ESS ialah sebagai pemberi sinyal kepada pengemudi di belakang saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Tanda pengingat tersebut, berupa kedipan pada lampu sein. Fitur ini baru aktif pada saat laju kendaraan di atas 50 km per jam, namun ada perlambatan enam meter per detik.

Fitur tersebut tetap bekerja jika pengereman masih berlangsung. Selain itu, kedipan lampu sein baru berhenti, setelah deselerasi sudah turun sekitar 2,5 meter per detik, dan tuas rem juga telah dilepaskan.

ESS terintegrasi atau terhubung langsung dengan fitur keamanan anti-lock braking system (ABS). Cara kerja ESS bergantung pada modulator ABS. Ketika ESS mendeteksi adanya penurunan kecepatan secara signifikan, atau rem mendadak, saat itu juga lampu sein mulai mengejapkan sinyal.

“Catatannya, kalau ABS tidak berfungsi, kemungkinan ESS juga tidak berfungsi,” ucap dia dikutip dari laman viva.co.id.

PT AHM sendiri menjual ADV 150 tipe ABS-ISS di angka Rp36,5 juta, sedang untuk CBS-ISS Rp3 juta lebih murah. Harga keduanya berstatus on the road Jakarta.

Comment