Hati-hati Konsumsi Beberapa Kombinasi Sayur dan Buah Diibawah ini!

OtoExpo.com – Sayur mayur merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh dalam dunia kesehatan. Sejak dahulu komposisi makanan sehat yang dukenal dengan sebutan 4 sehat. salah satunya adalah sayuran.

Kemudian selain sayuran ada pula buah-buahan. Kedua jenis makanan ini diperlukan tubuh bersama dengan nasi dan lauk-pauk.

Belakangan muncul tren bagi mereka yang suka diet dan vegetarian melakukan kombinasi antara buah dan sayuran sebagai konsumsi utama. Memang kedua jenis makanan ini baik untuk dikonsumsi secara bersamaan. Namun tahukah anda bahwa tidak semua buah dan sayur memiliki efek kurang baik bila dikombinasikan secara bersamaan?

Berikut ini ada beberapa jenis buah dan sayuran yang tidak baik dikonsumsi secara bersamaan (dicampur), yakni;

Melon dengan semangka

Meski sama-sama memiliki kandungan air yang tinggi, namun mepon dan semangka tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan, apalagi dicampur menjadi jus. Terlebih lagi jika dicampur dengan buah yang lain. Karena setiap buah memiliki kecepatan daya cerna yang berbeda, inilah salah satu alasannya.

Buah yang memiliki keasaman berbeda

Cobalah hindari mencampur buah asam seperti jeruk dengan buah yang tidak memiliki keasaman (pisang, semangka, dan lainnya). Karena perbedaan rasa dari dua buah berbeda bisa menimbulkan rasa mual dan sakit kepala.

Campuran buah dan sayur

Selama ini kita mengenal makanan dan minuman yang terdiri dari campuran buah dan sayur seperti salad, jus, dan lain-lain. Nah, kedua jenis makanan inipun memiliki perbedaan kecepatan cerna dalam tubuh (lambung). Buah yang memiliki kandungan gula dan lebih cepat daya cernanya dari sayuran, dikuatirkan dapat menimbulkan masalah pada pencernaan.

Oleh karena itu sangat perlu untuk memahami kombinasinya agar tidak mengacaukan sistem pencernaan. Atau sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum kita mengkonsumsi suatu makanan yang akan dicampur.

Comment