OTOExpo.com –  Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2019-2020, Indonesia mengalami pertumbuhan pengguna internet sebanyak 8,9% dari tahun sebelumnya. Saat ini, jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 73.7% dari jumlah penduduk Indonesia.

Hal ini merupakan peluang dan potensi yang cukup besar bagi pemula yang ingin mencoba peruntungan untuk memulai bisnis secara daring.

Dora Songco, Product Marketing Manager, Google Indonesia mengatakan “Membangun kesadaran digital merupakan hal yang paling utama saat memulai bisnis online, dimana mereka harus memahami secara mendalam manfaat digital platform untuk meningkatkan bisnis mereka. Pahami juga karakter pelanggan online saat ini, akses apa yang mereka gunakan untuk melakukan belanja online.”



Dora menambahkan ada tiga tahapan yang harus diperhatikan untuk UMKM go online.

Pertama, mengenal dan menemukan pelanggan baru dengan beberapa tools/perangkat yang sudah tersedia di platform digital.

Kedua, memanfaatkan platform e-commerce atau marketplace yang dapat membantu meningkatkan efektifitas kinerja pada bisnis online dan cobalah untuk merubah mindset bahwa platform digital tidak mempersulit kinerja.

Ketiga, mencari tahu tren yang saat ini sedang banyak diminati pasar yang dapat membantu dalam mengembangkan peluang bisnis.

.…. Lanjut Halaman Berikutnya

Hal Yang Harus Diperhatikan Pemula Apabila Jualan Via Daring

Laman: 1 2

Your Comment