OTOExpo.com –   PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memiliki truk andalan dengan sasis panjang. Truk Fuso dari varian Fighter tersebut adalah, Mitsubishi Fuso Fighter FN 62 dengan empat varian yang terdiri dari :

  • Fuso Fighter FN 62 F (Sasis Pendek)
  • Fuso Fighter FN 62 F HD (Sasis Pendek Transmisi Eaton)
  • Fuso Fighter FN 62 FL HD (Sasis Panjang Transmisi Eaton)
  • Fuso Fighter FN 62 F TH (Tracktor Head Transmisi Eaton)
Mtsubishi Fuso Fighter FN memiiki spesifikasi seperti :
  • Tenaga mesin 270 PS
  • Torsin Mesin hingga 80 kgm
  • Sistem penggerak 6×4
  • Rasio Gardan 7.400

Varian Fuso Fighter FN 62 menggunakan mesin 6M60-1AT2 yang setingkat lebih tinggi daripada mesin yang digunakan oleh varian FN 61 maupun FM 65 berkode 6M60-1AT1 .

Karena mesin yang digunakan oleh varian FN 62 sanggup menyemburkan tenaga lebih besar yaitu 270 horse power pada 2.600 rpm dan torsi lebih besar pula yaitu 80 Kgm di 1.400 rpm.

FN 62 FL HD Truk Mitsubishi Fuso 6X4 dengan Sasis Terpanjang

Truk Fuso Fighter ini laris manis untuk pasar Sumatera, Menurut Tegar Guntara selaku sales force dari PT. Dipo Internasional Pahala Otomotif Pekanbaru mengatakan ,”Masyarakat di Pekanbaru lebih menyukai truk yang panjang agar dapat memuat banyak barang. Fuso Fighter FN 62 FL cukup laku di Pekanbaru, Riau. Karena di sini kebanyakan kelapa sawit dan logistik.”

“Data yang dimiliki mitsubishi fighter di pekan baru pun sangat positif. Ini terbukti dengan penjualan lebih dari 200 unit pertahun walaupun terkena pandemi.” ungkapnya dalam bincang Fuso #4 di Instagram resmi Mitsubishi Fuso.

Dimensi
FN 62 FL HD memiliki dimensi panjang keseluruhan 11.085 mm, lebar keseluruhan 2.455 mm, tinggi keseluruhan 2.710 mm, wheelbase 7.190 mm dan Cab To End sepanjang 9.000 mm.

Dengan ukuran dimensi seperti itu, FN 62 FL HD sanggup mengangkut muatan hingga 46,5 kubik atau berat maksimal 26 ton. Varian ini bisa dibuat berbagai jenis karoseri seperti dump truck, bak, losbak, box, tangki hingga crane.

Seluruh varian FN 62 merupakan truk tronton dengan sistem penggerak roda 6×4 yang artinya dari tiga as roda, dua as roda paling belakang digerakkan oleh mesin.
Sehingga varian ini sangat bisa diandalkan di medan off road.

FN 62 FL HD Truk Mitsubishi Fuso 6X4 dengan Sasis Terpanjang

Truk tronton FN 62 FL HD dirancang bukan untuk mengutamakan kecepatan melainkan supaya kuat di tanjakan, itulah sebabnya rasio gardannya dibuat paling besar diantara varian Truk Fuso Fighter yaitu 7.400.

Dengan rasio gardan sebesar itu mampu menghasilkan daya tanjak 51,5% saat muatan penuh.

Didukung dengan transmisi Eaton ES-11109 dengan formasi 9 gigi maju dimana 1 diantaranya merupakan mode crawler yang sangat berguna ketika muatan penuh berjalan di tanjakan curam.

Supaya kuat mengangkut muatan 26 ton di berbagai kondisi jalan, sasis FN 62 FL HD ditopang oleh sasis yang kokoh dan tebal tanpa sambungan dimana posisi baut/rivet terletak di posisi samping supaya memudahkan instalasi berbagai jenis karoseri.

Dengan teknologi shot peening terbaru, wheel disc truk Fuso Fighter telah teruji 1,5 kali lebih kuat dibandingkan kompetitornya.

Namun sayangnya, tidak seperti varian FN 62 F HD dimana pembeli bisa memilih jenis ban saat pemesanan kendaraan tanpa biaya tambahan apakah mau ban biasa atau ban radial, di varian FN 62 FL HD hanya disediakan ban biasa atau tidak bisa memilih ban.

Interior

Memasuki kabin FN 62 FL HD sangat mudah karena pintunya bisa terbuka 90 derajat dan telah disediakan foot step dan hand grip.

FN 62 FL HD Truk Mitsubishi Fuso 6X4 dengan Sasis Terpanjang

Jok Mitsubishi Fuso Fighter FN 62 FL HD telah dibekali air suspension yang menjadi andalan para sopir karena jok tersebut tidak membuat pegal sang pengengendara.

Setirnya lebar terasa nyaman untuk digenggam ditambah fitur Hydraulic Power Booster pada setir membuatnya sangat ringan untuk bermanuver sehingga muatan penuh tidak lagi menjadi halangan dalam mengemudi.

Driver bisa menyetel tinggi rendahnya setir atau memaju-mundurkan setir karena setir sudah dilengkapi fitur Tilt and Telescopic sehingga driver bisa mendapatkan posisi mengemudi yang paling nyaman sesuai postur tubuh pengendara dan fitur Air Suspension Seat tidak hanya membuat driver merasa nyaman selama mengemudi.

Di kabin telah disediakan banyak wadah penyimpanan sehingga memudahkan driver dalam menyimpan berbagai barang penting seperti botol minuman, kartu e-money, surat jalan, SIM atau uang receh.

Semua varian FN 62 telah dilengkapi dengan 4 buah blower pada dashboardnya untuk memberi kesejukan ke seluruh ruang kabin.

Infotainment

Untuk fitur hiburan, FN 62 FL HD menggunakan head unit single din merk JVC yang terhubung dengan dua buah speaker yang bisa menghibur perjalanan panjang sopir dan kernetnya.

GPS Runner
Semua varian truk Fuso Fighter telah dilengkapi dengan GPS Runner yang memudahkan perusahaan dalam memantau hal-hal seperti, sisa bahan bakar, jarak yang sudah ditempuh, lokasi truk terkini, kinerja sopir, manajemen job order, dan jadwal perawatan berkala.

FN 62 FL HD Truk Mitsubishi Fuso 6X4 dengan Sasis Terpanjang

Baca Juga 

Manfaatkan FUSO Home Service di Tengah Situasi Virus Corona

• Spread The Love •

Your Comment