Festival Pesona Lokal Dengan Mengunjungi Jembatan Gantung Situ Gunung Di Sukabumi

OTOExpo.com –  Berbagai macam kebudayaan yang Indonesia miliki tersebar diseluruh penjuru nusantara. Indonesia terkenal dengan keramah tamahan penduduknya, bermacam budaya dan juga keindahan pariwisatanya. Keindahan alam di Indonesia sudah tidak diragukan lagi oleh dunia.

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia untuk mempromosikan daerah wisatanya ataupun budayanya agar semakin dikenal kalangan luas. Hal itu sejalan dengan komitmen CSR Adira Finance yang ingin memajukkan pesona lokal tanah air melalui gelaran “Festival Pesona lokal”.

Festival Pesona Lokal

PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) yang merupakan perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia melalui salah satu program CSR nya mengadakan Festival Pesona Lokal untuk lebih memperkenalkan keindahan dan juga budaya Indonesia ke dunia.

Kegiatan Festival Pesona Lokal dari Adira Finance ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah.

Untuk itu, Adira Finance juga bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan stasiun televisi nasional RCTI.

Apabila berbicara mengenai Festival Pesona Lokal, terutama pariwisatanya, anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh hingga keluar negeri untuk mendapatkan pemandangan yang indah.

Apabila ditelusuri lebih dalam, banyak sekali tempat wisata penuh pesona yang Indonesia miliki. Salah satunya adalah Jembatan Gantung Situ Gunung yang berada di Sukabumi, Jawa Barat.

Fakta Jembatan Gantung Situ Gunung Di Sukabumi

Kawasan Wisata Situ Gunung

Situ Gunung merupakan sebuah kawasan wisata danau yang ada di taman Nasional Gede Pangrango.

Di kawasan Situ Gunung sendiri ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi seperti danau situ gunung, air terjun curug sawer, hutan dan juga wisata alam kawasan Gede Pangrango.

Jembatan Gantung Situ Gunung

Saat akan menyusuri jembatan tersebut, dimuka ada petugas yang akan mengenakan sabuk pengaman dilengkapi dengan pengait yang berguna untuk dikaitkan ke pegangan apabila terjadi turbulensi. Untuk melewati jembatan tersebut juga dibatasi, hanya 40 hingga 50 orang saja yang dapat melewatinya.

Ketika berada di tengah jembatan, adrenalin terasa meningkat, terlebih bagi yang takut akan ketinggian. Maka sangat tidak disarankan apabila anda fobia ketinggian.

Akan tetapi hal tersebut dapat ‘terbayar’ dengan disuguhkannya pemandangan yang indah sekaligus dimanjakan dengan pemandangan pepohonan rindang disertai udara yang sejuk.

Cocok Untuk Selfie

Tidak aneh apabila banyak pengunjung yang berfoto ria ataupun sekedar berselfie dengan ‘background’ pemandangan tersebut. Panorama yang indah tentunya akan semakin “mempercantik” laman Instagram anda.

Hal yang harus diperhatikan saat menapaki jembatan tersebut, tidak boleh berlarian disepanjang jembatan, loncat, melempar benda dalam bentuk apapun ketika menyebrang, dan harus selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Festival Pesona Lokal Dengan Mengunjungi Jembatan Gantung Situ Gunung Di Sukabumi

Air Terjun Curug Sawer

Setelah melewati jembatan tersebut, para pengunjung dapat meneruskan perjalanan menuju Curug Sawer (Air Terjun Sawer), yang berjarak hanya sekitar 1 kilometer kebawah atau menjelajahi tanah perkemahan dan ampiteater.

Untuk menuju Curug sawer, dibutuhkan waktu dengan berjalan kaki sekitar 10 hingga 15 menit dengan posisi menurun dari ujung akhir jembatan situ gantung.

Waktu yang ditempuh ini lebih singkat hampir 2 kilometer di rute yang lebih dulu ada tanpa melewati jembatan gantung.

Ketika sampai di air terjun Curug Sawer, terdapat kolam bening dengan air yang sejuk dan bisa direnangi jika debit air tidak tinggi. Akan tetapi, disarankan untuk tidak berenang ataupun berendam di saat musim hujan.

Hal yang ditakutkan adalah terjadi banjir bandang. Untuk itu tetap berhati-hatilah jika berada di sekitar curug, terutama saat musim hujan.

Biaya Masuk

Untuk dapat menyusuri jembatan tersebut, siapkan dana Rp. 50.000,– (Dewasa) dan Rp 25.000,- (Anak-anak batas usia 9 thn).

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin merasakan Flying Fox, akan dikenakan tarif Rp. 25.000,- naik perahu di danau situ gunung sekitar Rp. 10.000,- hingga Rp 25.000,-.

Selain tempat wisata, disana juga ada area camping dimana setiap area / lokasi camping berbeda harganya.

Paket Wisata

Jembatan gantung Situ gunung juga menyediakan beragam paket wisata untuk perorangan, keluarga maupun kelompok, dan juga bisa digunakan untuk pemotretan pre-wedding.


Baca Juga…

Adira Finance Akan Adakan Festival Pesona Lokal Sambut HUT ke-29

Komentar