Datsun Akan Dibunuh

OTOExpo.com – Nissan Motor Co Ltd berencana akan “membunuh” brand dengan merek Datsun. Tidak diproduksinya datsun ini dikabarkan setelah penjualannya terus merosot. Sebelumnya juga santer terdengar bahwa pabrik Datsun di Purwakarta akan ditutup.

Ghosn Ditangkap

Dilansir dari beberapa media di Jepang, Nissan seperti kehilangan arah semenjak Ghosn tersandung skandal penyelewengan keuangan perusahaan. Hal itu juga berimbas dengan mulai tak harmonisnya aliansi yang dibangun Nissan dengan Renault.

Seperti diketahui, Datsun kembali “eksis”  setelah Nissan dikendalikan oleh Ghosn. Datsun menjadi merek otomotif yang dibangkitkan Nissan pada bulan Maret 2012.

Kemudian pada Juli 2013, model pertama mereka Datsun GO resmi meluncur. Mobil murah itu diproduksi di tiga negara, Indonesia, India, dan Rusia.
Datsun sengaja disiapkan Ghosn untuk pasar negara berkembang dengan fokus memproduksi mobil murah.
Datsun Live Modz Challenge 2019 Dukung Kreativitas anak muda
Tutupi

Kabar Datsun bakal  ‘dibunuh’  juga santer terdengar di negara asalnya, Jepang. Nissan Motor Co Ltd berusaha untuk menutupi kasus tersebut dengan berdalih hanya ‘”mengatur ulang strategi dan perencanaan”

Sementara  di Indonesia sendiri, walaupun penjualannya tidak terbilang moncer akan tetapi, penjualan Datsun mampu melewati penjualan Nissan itu sendiri.  Penjualan Datsun di Afrika Selatan, India dan Rusia juga dibilang tidak memuaskan.

Selain penjualannya yang buruk, peraturan masalah gas buang emisi dan juga keselamatan yang semakin ketat juga mempersulit posisi Datsun. Karena jika Datsun meng “upgrade” masalah gas buang emisi dan keselamatan, otomatis biaya produksi juga semakin tinggi, dan nilai jualnya juga tidak murah lagi.

Jadi, besar kemungkinan Nissan akan menghapus merek Datsun dari peredaran untuk menyelesaikan masalah krisis keuangan,

Komentar Anda