Cek Komponen Berikut Agar Kendaraan Tetap Maksimal Saat Lama Tidak Digunakan

OTOExpo.com –  Pemerintah menyarankan untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB dimaksud untuk memutus rantai penyebaran virus corona yang tengah melanda dunia.

Beberapa tempat publik umum hingga perkantoran pun tidak terkecuali. Pemerintah menyarankan masyarakat untuk bekerja di rumah.

Kendaraan yang yang biasanya setiap hari jalan antara 50-100 kilometer per hari, ditengah pandemi virus corona sekarang menjadi hampir stop total.

Biasanya, kerusakan pada kendaraan siap menanti.

Berikut ini beberapa tips agar kendaraan tetap maksimal :

Oli Mesin

Yang pertama di perhatikan adalah oli mesin. Setiap kendaraan ada oli mesin. Untuk mengeceknya, pada ‘deep stick’ itu ditarik dan dibersihkan, kemudian dimasukan ke lubang kembali. lalu cek seberapa level engine oil. Dan perhatikan juga warnanya.

Oli mesin letaknya ada di bawah. Kalau sekian lama tidak dihidupkan dikhawatirkan akan terjadi pengendapan di bawah dan menggangu operasional mobil

Radiator

Mobil tahun akhir tidak perlu radiator di buka. Cukup di buka pada tangki cadangan. Di tangki cadangan levelnya yang aman.

Tekanan Angin Ban

Mobil yang lama di parkir, biasanya tekanan ban pasti berkurang. Kalau memungkinkan, anginnya di set maksimum.

Minyak Rem

Minyak rem juga perlu dijaga. Usahakan volume minyak rem berada di antara minimum maksimum.

Baterai / Aki

Aki juga menjadi rentan. Apabila mobil dalam kedaaan lama tidak dihidupkan, aki menyebabkan tekor. untuk itu juga perlu di cek. Terlebih bila menggunakan aki basah. Harap di cek cairan aki nya.

Agar terhindar dari itu semua, disarankan untuk memanaskan mobil setiap 3 hari sekali dengan durasi antara 10-15 menit. RPM juga disarankan di 1.500rpm agar alternator bisa menyuplai ke aki.

Disarankan juga untuk mengisi bahan bakar penuh. Hal ini untuk menghindari kekosongan ruangan. Kekosongan ruangan pada tangki bensin dapat memicu kondensasi hingga menghasilkan butiran air. Paling parah dapat menyebabkan karat pada tangki.

Bahaya Hewan Pengerat

Mobil menjadi tempat yang cocok bagi tikus. Tikus membutuhkan tempat yang hangat, lembab. Apalagi di dalam mobil ada sisa-sisa makanan.

Untuk itu, bersihkan ceceran minuman dan makanan di dalam mobil. Meski ada di dalam, indera penciuman tikus bagus. dia bisa membau makanan. Sekedar saran, kasih kapur barus. Karena baunya tikus tidak suka.

• Spread The Love •

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.