Cara Posisi Ban Mobil Yang Aman Saat Parkir

OTOExpo.com – Ban merupakan salah satu komponen dari mobil yang langsung menapak ke aspal. Karena peruntukannya yang cukup vital,  ban mobil perlu mendapat perhatian ekstra agar tetap awet dan nyaman.

Akan tetapi, saat tidak sedang digunakan apakah anda tahu posisi ban disaat parkir ternyata mempengaruhi usia ban tersebut?  tahukah Anda jika posisi ban yang tidak benar saat memarkir mobil juga mempengaruhi usia si karet bundar.

Karakter jalan ataupun kondisi jalan merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan saat parkir mobil.

Jalan Rata

Misalnya pada kondisi jalan rata, usahakan posisi ban dalam keadaan lurus, jangan menyerong ataupun menyamping. Hal ini dilakukan agar tingkat keausan ban merata di setiap sisi. Dengan begitu kondisi keempat ban tetap sama dan seimbang.

Jalan Menurun
Sementara apabila kondisi jalan menurun ataupun tanjakan, posisi ban yang disarankan adalah sedikit dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, ke arah trotoar yang ada di sebelah kiri atau kanan bodi mobil. Dengan posisi ban depan seperti ini, cengkraman ban akan lebih maksimal dan kemungkinan mobil nyelonong bisa diminimalisir.
.
Sebaliknya, jika memarkirkan mobil di jalanan yang menanjak, agar aman dan risiko nyelonong sendiri bisa diminimalisir, membelokkan sedikit posisi ban bagian depan berlawanan sisi trotoar sangat disarankan.
Transmisi Otomatis

Selain itu untuk mobil yang bertransmisi otomatis, jangan lupa letakkan tuas transmisi di posisi parkir (P). Mode transmisi ini juga menjaga agar mobil tidak bisa bergerak karena sekalian mengaktifkan rem parkir sekaligus.

Sedangkan untuk transmisi manual, jangan lupa mengaktifkan rem parkir. Hal ini untuk menjaga mobil tidak bergeser ketika parkir di tanjakan atau turunan.

Cara Posisi Ban Mobil Yang Aman Saat Parkir

Komentar Anda