OTOExpo.com – Mobil seringkali dicuci agar tetap terlihat bersih dan ‘apik. Pemilik wajib mencucinya secara rutin. Proses ini bisa dilakukan sendiri di rumah, atau memanfaatkan jasa pencucian yang banyak tersedia. Tak hanya kendaraan itu sendiri, cara mencuci mobil kini juga sudah jauh berkembang. Jika dulu masih memanfaatkan tenaga manusia, saat ini sudah tersedia jasa robot.

Seperti yang disediakan Autoglaze, penyedia jasa detailing dan perlindungan cat. Mereka memiliki tiga alat untuk mencuci mobil, dengan teknologi otomatis, semi otomatis dan touchless. Chief Executive Officer Autoglaze, Robby Kurnia mengatakan, teknologi otomatis dan semi otomatis biasa digunakan di tempat pencucian umum. Yang terbaru adalah touchless atau tanpa sentuhan.

Cara Mencuci Mobil Ini Justru Salah

“Selama ini, orang mencuci mobil ada lima tahap. Pertama dibasahi, diberi sabun. Ketiga, waktu mobilnya masih kotor, ambil spons untuk dilap pakai sabun. Itu yang membuat mobil jadi baret,” terangnya.

Setelah dilap pakai sabun, lalu semprot air dan dikeringkan. Artinya, ada lima langkah. Sementara, pada sistem touchless, mobil langsung dioleskan sabun khusus dari Belgia, yang dapat mengikat kotoran.

“Waktu high pressure (semprot air), kotoran sudah copot, baru dilap. Jadi, sentuhan yang terjadi lebih sedikit. Biayanya Rp 50 ribu, mobil jenis apapun,” tuturnya.

Autoglaze One Stop Car Service bukan hanya menyediakan tempat pencucian, namun juga jasa detailing, coating, hingga perawatan seperti spooring dan balancing.

Cara Mencuci Mobil Ini Justru Salah

• Spread The Love •

Your Comment