OTOExpo.com –   Karat menjadi salah satu penyebab tangki bahan bakar mengalami kebocoran. Selain menyebabkan  kebocoran, kotoran yang terdapat pada karat juga dapat menyumbat aliran bahan bakar menjadi tidak lancar.

Menurut Saiful Hermawan yang seorang modifikator tangki di bilangan Cipinang mengatakan, “Tangki bocor hampir ditemui dari tangki pada bagian dalam yang terkena karat. Hingga menyebabkan korosi.” terangnya.

Bapak anak satu yang sering dapat orderan bikin tangki motor jenis “cafe racer” tersebut menyarankan untuk terbiasa melakukan isi bensin dalam keadaan penuh dan jangan dibiarkan bensin mengendap di dalam tangki terlalu lama.

“Tangki yang berkarat biasanya disebabkan karena tangki sering kosong hingga menimbulkan embun dan air.  Nah embun dan air itu yang dapat menyebabkan karat.” terangnya lebih lanjut kepada OTOExpo.com. (18/03/2020)

Saiful juga menyarankan untuk selalu memanaskan kendaraan minimal 2 hari sekali. Hal tersebut untuk mencegah bahan bakanr mengendap terlalu lama.

“Ada beberapa orang yang memiliki kendaraan banyak, Bahkan lebih dari 3 kendaraan yang dimilikinya baik itu mobil ataupun motor. Kalau saudah begitu, tidak mungkin semuanya digunakan kan? Apalagi kalau orang tersebut memiliki kendaraan baru. Tentunya kendaraan baru tersebut yang sering digunakan. Sedangkan yang lama akan terlupakan.”

Kendaraan yang jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali, akan mengakibatkan tangki berkarat secara bertahap. Biasanya karat akan timbul beberapa tahun kedepan.

“Biasanya jika motor jarang digunakan atau motor tidak digunakan sama sekali biasanya satu tahun kemudian karat itu akan timbul,” terangnya.

• Spread The Love •

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.