Bus Listrik Transjakarta Akan Menggunakan BYD K9 Asal Cina

OTOExpo.com – BYD K9 merupakan bus listrik baterai yang diproduksi oleh pembuat mobil Cina. Bus BYD dibuat oleh produsen bus listrik terbesar di China, BYD Auto Co Ltd yang digandeng oleh Grup usaha Bakrie, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR).

Daya tahan baterai bus listrik BYD menggunakan mesin Lithium Fenno Phosphabe (LiFePo) yang disebut memiliki daya 259 kwh, dengan tenaga maksimum 268 horsepower, dengan interval pengisian daya hanya 3 jam saja.

Memiliki kapasitas 60 penumpang dengan rincian 24 tempat duduk dan 4 tempat duduk prioritas untuk difabel, ibu hamil, dan lansia.

Bus Listrik Transjakarta Akan Menggunakan BYD K9 Asal CinaBus listrik BYD pertama diproduksi pada 30 September 2010 di kota Changsha, provinsi Hunan. Dan mengeluarkan model seperti F3DM, F6DM dan e6.

BYD K9 memiliki panjang body sekitar 12 meter dan berat 18 ton dengan interior satu lantai satu lantai. 

Dikabarkan, Bus listrik ini memiliki harga sekitar 2-3 juta yuan ($ 395.000 – $ 592.600). Dan telah diuji coba di Cina, India, Jepang, Hong Kong, AS, Kolombia, Chili, Spanyol, Belanda, Denmark, Aruba, dan Singapura. 

Bus listrik ini bisa menempuh jarak hingga 250 km dalam satu kali pengisian baterai yang dicas membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam. Bus listrik BYD K9 bisa berlari sampai kecepatan maksimal 70 km/jam.

Beberapa bulan silam, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan uji coba bus BYD K9 yang menurut rencana akan menggantikan bus mesin milik PT. Tranjakarta.  Mencoba bus listrik BYD K9 calon armada Transjakarta, Anies cukup antusias.

“Uji coba pertama yang unik kalau jalan nggak ada suaranya,” pungkas Anies seperti dikutip dari detiknews
• Spread The Love •
  • 1
    Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.