OtoExpo.com – Sarapan pagi bagi sebagian orang sangat penting sebelum beraktivitas. Salah satu menu sarapan favorit adalah bubur ayam. Semangkuk bubur ayam hangat paling cocok untuk mengganjal perut di pagi hari. 

Bagi anda pecinta bubur ayam, tim redaksi sudah merangkum dan menyiapkan referensi tempat makan bubur ayam legendaris dengan racikan spesial.

Berikut lima bubur ayam legendaris  yang patut anda coba untuk sarapan pagi:

1. Bubur Ayam H. Jewo
Mulai berjualan sejak tahun 1985, bubur ayam H.Jewo terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Selain dikenal dengan nama tersebut, ada sebagian orang yang mengetahui sebutan lainnya, yakni Bubur Ayam Tanjung.

Meskipun hanya berupa dagangan gerobakan, bubur ayam di Masjid Cut Meutia ini selalu ramai pembeli, bahkan terkadang harus antre untuk mendapatkannya.

Dengan ukuran porsi mungilnya, namun dijamin  terpuaskan selera pembeli. Dengan tekstur padat, kental, dan tidak terlalu gurih, bubur ayam ini makin enak dengan tambahan suwiran ayam kampung, sate ati ampela, dan siraman sambal. Untuk seporsi bubur ayam H. Jewo anda dihargai Rp 18.000.

2. Bubur Ayam Landmark
Dikawasan Sudirman, tepatnya disekitar  Landmark ada bubur ayam gerobakan yang terkenal enak dan legendaris. Jualan sejak 1987, Alimin selaku pemilik bubur ayam Landmark selalu mangka di lokasi yang sama.

Alimin sudah menjajakan bubur ayam sejak pukul 5.30 pagi dan tak jarang habis sebelum pukull 9 pagi. Ciri khasnya bubur ayam buatan Alimin adalah, dikemas dengan kertas minyak lalu ditambahkan emping, kerupuk, suwiran ayam, kecap, hingga sambal. Anda cukup merogoh kocek Rp 13.000 saja untuk seporsi bubur ayam lezat ini.

3. Bubur Ayam Barito
Pecinta bubur ayam di Jakarta Selatan pasti sudah tidak asing dengan Bubur Ayam Barito. Nama yang sesuai dengan jalan ini sudah ada sejak tahun 1992. Hanya bedanya, bubur ayam Barito di Jakarta Selatan ini buka mulai sore hari.

Nah untuk warga Depok, Bubur Ayam Barito justru hadir pada pagi hari, tepatnya buka pukul 7 pagi. Semangkuk bubur ayam Barito, sudah dilengkapi potongan ayam, cheese stick dalam jumlah banyak, dan cakwe. Kalau suka telur, bisa ditambahkan telur mentah sehingga menghasilkan tekstur bubur yang creamy nan gurih.

Di Depok, Bubur Ayam Barito berada dialamat Soerabi Bandung, Jl. Margonda Raya No. 477, Beji, Depok Telepon: 021 29402363

4. Bubur Ayam Cikini H. R. Suleman
Nah untuk bubur ayam yang satu ini, lebih populer dengan sebutan Burcik. Adalah H.R. Sulaeman sang peraciknya, yang juga menyediakan menu bubur ayam khas Cirebon yang patut dicicipi. Berbeda dengan bubur ayam pada umumnya, Burcik tidak menggunakan kuah namun citarasa gurihnya hadir lewat pemakaian kaldu ayam.

Uniknya lagi, pengunjung bisa meminta tambahan kuning telur ayam kampung mentah untuk dicampur di bubur ayam. Burcik sudah hadir sejak 1987 di Jalan Cisadane No. 121, Jakarta Pusat. Seporsi Burcik andanakan dikenakan harga Rp. 22.000, lengkap dengan tambahan cakwe, potongan ayam, dan emping.

5. Bubur Ayam Senopati
Selain di Jalan Barito, Jakarta Selatan juga ada Bubur ayam enak dan legendaris yang terletak di Senopati. Dikenal dengan Bubur Ayam Senopati, tepatnya di depan Rai Fitness, konon bubur ayamnya sangat gurih kental karena dimasak dengan kaldu ayam, bukan MSG.

Sudah termasuk sate ati-ampela, harga per porsi bubur ayam Senopati ini cukup anda bayar dengan harga Rp 20.000.  Untuk sate, tersedia aneka pilhan mulai sate usus, sate ampela, sate telur, dan sate kulit. Meski diracik tanpa kecap manis atau kecap asin, kabarnya rasa bubur ayam ini memang sudah enak.

(sumber dikutip dari detikfood)

Your Comment