OTOExpo.com – Mengambil tempat di Wahana Jatake Tangerang, OTOExpo.com diberi kesempatan untuk “bedah” honda Genio yang baru saja diluncurkan PT Astra Honda Motor yang mana akan bersaing di kelas 110 cc. Skutik ini rilis pada 21 Agustus 2019 di Jakarta dan digadang-gadang menggunakan mesin yang sama persis dengan Honda BeAT.

Padahal hal tersebut salah besar. Karena Honda Genio menggunakan mesin terbaru honda. Sebagai perbandingan, Honda BeAT memiliki 108,2 cc sedangkan Honda genio 109,5cc.

“Honda Genio menggunakan rangka baru yang lebih kokoh dan ringan, Mesin yang digunakan juga baru, banyak yang bilang motor Genio menggunakan mesin BeAT, Padahal itu salah besar. Di Genio ini menggunakan mesin terbaru dari dari Honda,” ujar Rachmad Rivaldi selaku Instruktur TSF Wahana.

Honda Genio juga menganut teknologi eSAF (enhanced smart architecture frame) yang diproduksi melalui proses press dan laser welding yang membuatnya lebih ringan dan kokoh. Motor ini dibekali dengan teknologi mesin eSP (enhanced smart power) 110 cc SOHC dengan kompresi yang lebih padat yakni 10:1 dibandingkan dengan Scoopy yang hanya berkompresi 9,5:1

Penggunaan lampu depan sudah menganut teknologi LED. Pada bagian belakang, stoplamp yang dibuat dengan desain mirip Scoopy dengan gaya klasik.

Panelmeter

Berbekal Digital Panelmeter dengan Eco Indikator yang Informatif mengandalkan panel full digital dengan background gelap pekat yang ditampilkan melalui sebuah layar LCD. Selain itu, untuk informasi yang ditampilkan standar, seperti ;

  • Kecepatan Km/jam,
  • Tachometer,
  • Jarak tempuh,
  • Indikator bahan bakar
  • Oli mesin,
  • Mode berkendara
  • High beam,
  • Indikator ABS,
  • Suhu mesin,
  • Indikator lampu sein.

Honda juga melengkapi dengan logo Genio yang menyala. Speedometer yang diusung spesifikasi Honda Genio yang satu ini pun terbilang sangat canggih dan begitu atraktif dengan tampilan informasi yang akurat mengenai kondisi motor saat dikendarai.

Bedah Honda Genio Bersama Wahana

Rangka

Dimensi Pas dengan Rangka eSAF yang Handal dan Ringan. Honda Genio diketahui mengusung konsep rangka berteknologi eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Model rangka ini memang diklaim oleh pihak AHM sebagai salah satu teknologi frame generasi terbaru yang mengedepankan fleksibilitas dan ketangguhan dalam membentuk bodi motor.

Rancangan dimensi bodi memiliki ukuran 1.869 x 692 x 1.061 mm, jarak sumbu roda 1.256 mm dan berbobot 89-90 Kg. Memiliki tangki bahan bakar 4.2 liter lebih besar di segmennya.

Kaki-Kaki

Honda Genio memiliki ground clearance terbilang cukup tinggi, yaitu 147 mm sehingga cocok juga dikendarai untuk melewati berbagai medan jalan. Velg Alloy 14 inci dibalut ban Tubeless, pada velg depan, dibalut ban berukuran 80/90 – 14 M/C, sedangkan di bagian belakang akan menggunakan ban berukuran 90/90 – 14 M/C.

Selain itu, suspensi dilengkapi dengan rem cakram Hidrolik Piston Tunggal di bagian depan dan rem Tromol pada bagian belakang yang bakal memberikan kualitas pengereman lebih sempurna.

Mesin

Mesin terbaru SOHC 110cc dengan teknologi eSP dikolaborasikan dengan transmisi otomatis V-Matic modern yang diklaim sanggup memberikan power maksimal hingga 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm dan mampu mencapai torsi puncak 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm.

Sektor dapur pacu pada Honda Genio ini sudah dilengkapi teknologi PGM-FI dan eSP yang diklaim akan membuat skutik ini jauh lebih efisien dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Bedah Honda Genio Bersama Wahana

Harga

Untuk Harga, motor ini dibandrol :

  • Honda Genio CBS Rp 17.200.000,-
  • Honda Genio CBS-ISS Rp 17.700.000,-
• Spread The Love •

Your Comment