OTOExpo.com – Menjelang memasuki awal tahun 2020, sejumlah wilayah di Jakarta, Bekasi dan Tangerang terguyur hujan yang cukup deras dan mengakibatkan beberapa ruas terendam banjir dengan tinggi air yang bervariasi pada Rabu (1/1/2020) pagi.

Banjir yang “menyerang” Jadetabek tersebut juga mengakibatkan terganggunya sejumlah perjalanan komersial dan umum. seperti misalnya Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta. Bandara Halim tersebut terkepung ‘genangan air’ hingga mengakibatkan aktivitas bandara untuk sementara ditutup. Semua penerbangan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Media melaporkan, penutupan dilakukan atas pertimbangan keselamatan akibat adanya genangan setinggi hingga 30 sentimeter di area landasan pacu.

Banjir Jakarta Sambut Awal Tahun Baru 2020

Sementara itu dikutip dari media sosialnya @rezaalfarez menyebutkan bahwa sebuah mobil mewah BMW berwarna putih, hanyut terbawa banjir. “Mobil bmw hanyut, bmw kena banjir,” teriaknya dalam video singkat tersebut.

Korban

Banjir yang melanda jadetabek turut diwarnai duka mendalam atas meninggalnya seorang remaja di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat. Pemuda tersebut tewas tidak sengaja kesenggol setrum kabel listrik yang telah terkelupas dan terendam banjir.

BMKG

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas sedang-lebat yang semalaman mengguyur Jakarta belum merupakan puncak musim hujan.

Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data dan Informasi Komunikasi (Kapusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) mengatakan, hujan lebat diprediksi akan terus terjadi dari Rabu (1/1/2020) pagi hingga malam hari di wilayah Jabodetabek.

Air yang menggenangi berbagai titik terjadi di hampir seluruh wilayah Jakarta dengan ketinggian bervariasi.

“Puncaknya kita perkirakan di pertengahan Januari hingga awal Maret nanti. Jakarta Timur ada 10 titik lokasi yang kita lakukan evakuasi dengan perahu karet, kemudian ada di Pangadegan, Pancoran, terus Rawajati juga di Jakarta Selatan” ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG.

Selain itu, kawasan Kebon Jeruk dan Tanjung Duren di Jakarta Barat, Kelapa Gading di Jakarta Utara dan Bendungan Hilir di Jakarta Pusat juga terdampak banjir.

Hujan dengan intensitas serupa diperkirakan masih akan terus berlangsung hingga Sabtu (04/01).

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tetap siaga akan terjadinya banjir.  “Selamatkan dokumen penting dan simpan di tempat aman. Dapat juga di-scan dan di-cloud,” ujarnya seperti dilansir dari kompas.com.

Banjir Jakarta Sambut Awal Tahun Baru 2020
pic. istimewa
BPBD

Sementara itu Kepala BPBD DKI Jakarta, Subejo, menilai penyebab banjir bukan hanya intensitas hujan yang tinggi. “Tambahan dari luapan Sungai Ciliwung juga ada, sehingga ada beberapa lokasi di Jakarta yang memang tergenang air banjir,” katanya seperti dikutip dari bbc.com

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan evakuasi warga dan mendata jumlah korban, baik warga maupun tempat tinggal yang terendam banjir. Warga pun diungsikan ke tempat-tempat pengungsian seperti masjid dan sekolah terdekat.

• Spread The Love •

Your Comment