OTOExpo.com –  Dalam upaya penyusunan Konsep Pengelolaan Keamanan dan Keselamatan Laut Indonesia yang dipandang dari Aspek Regulasi, Direktorat Hukum Bakamla RI yang berada di bawah jajaran Deputi Inhuker Bakamla RI Laksda Bakamla Dade Ruskandar, S.H.,M.H., menggelar Seminar Regulasi Keamanan dan Keselamatan Laut, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/12/2020).

Berdasarkan evaluasi dari hasil koordinasi dengan instansi terkait yang dilakukan sepanjang tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya.

Direktorat Hukum Bakamla RI melakukan analisis terhadap kondisi pengelolaan keamanan dan keselamatan laut di Indonesia, khususnya dari segi kewenangan hukum yang diberlakukan.

Menanggapi tantangan keamanan dan keselamatan laut yang terjadi saat ini, Bakamla RI berupaya memaksimalkan efektifitas dan efisiensi kegiatan patroli di laut.

Dengan adanya kesepakatan leading sector kegiatan pengawasan keamanan dan keselamatan di laut, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan atas menurunnya kasus kecelakaan dan kriminal yang terjadi di laut.

Bakamla RI Bahas Regulasi Keamanan dan keselamatan Laut

Hal itu dapat dicapai dengan menerapkan sistem single agency multi task, yang saat ini tidak hanya dipandang sebagai pengelolaan keamanan dan keselamat laut yang paling sesuai saat ini, namun juga telah banyak diterapkan oleh negara pantai di dunia seperti Amerika Serikat, Jepang, Filipina, dan Malaysia.

Tidak dapat dipungkiri, inefisiensi patroli keamanan dan keselamatan laut yang terjadi saat ini, salah satunya dikarenakan belum adanya komando dan kendali tunggal terhadap pelaksanaan tugas-tugas pengamanan dan patroli di laut.

Laman: 1 2

Your Comment