OTOExpo.com –  Tahun 1968 menjadi tahun dimana Suzuki mulai ekspansi ke Indonesia. Dengan membawa mobil andalannya, Suzuki yakin Fronte dapat diterima masyarakat Indonesia. Suzuki Fronte merupakan kendaraan roda empat yang memiliki konfigurasi teknologi 2-tak pengembangan dari Suzuki Suzulight produksi tahun 1955.


Memulai ekspansinya, Suzuki Motor.Co, Ltd menunjuk PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) menjadi “wakilnya” untuk pasar Indonesia. Perusahaan ini bergerak di industri otomotif yang menghasilkan kendaraan bermotor antara lain sepeda motor dan mobil merek Suzuki.

PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) berdiri pada tahun 1970 dengan nama awal perusahaan adalah PT. Indohero Steel & Engineering Co.  Seiring dengan berkembangnya perusahaan, dan untuk memenuhi program lokalisasi, maka dibentuklah PT. Suzuki Indonesia Manufacturing sebagai industri penunjang dalam pembuatan komponen sepeda motor dan mobil untuk semua jenis model kendaraan.

50 Tahun Suzuki Di Indonesia hadirkan Kendaraan Legendaris

Di Tahun 1976 dibawah kepemimpinan Soebronto Laras, manajemen baru dibentuk yang menjadi awal pengembangan sepeda motor melalui PT. Indohero Steel & Engineering Co, dan untuk mobil melalui PT. Suzuki Indomobil Utama.

Seiring dengan berkembangnya perusahaan,  untuk memenuhi program lokalisasi maka lahirlah PT. Suzuki Indonesia Manufacturing sebagai industri penunjang dalam pembuatan komponen sepeda motor maupun mobil untuk semua jenis model kendaraannya

Sejarah

Tertanggal 1 Januari 1990 menjadi hari bersejarah dengan berdirinya PT. Suzuki Indomobil Motor, yang bergerak di bidang usaha Industri Komponen dan Perakitan kendaraan bermotor merek Suzuki roda dua dan juga roda empat.

PT. Suzuki Indomobil Motor menempati kantor pusat di Wisma Indomobil di Jalan. MT. Haryono, Kav. 8, Jakarta Timur.

Kantor Pusat ini didukung sekitar 400 karyawan. Dan untuk lokasi pabriknya tersebar dibeberapa tempat seperti di Pulogadung, Cakung, dan di Tambun.

50 Tahun Suzuki Di Indonesia hadirkan Kendaraan Legendaris

Pabrik perakitan kendaraan merk Suzuki memiliki jumlah karyawan lebih dari 3000 orang dengan kapasitas produksi pertahunnya sekitar 100.000 unit mobil dan 1.200.000 unit untuk sepeda motor.

Sedangkan pusat perakitannya sendiri tersebar di lima penjuru kota dan terbagi menjadi enam lokasi :

  • Plant cakung (Perakitan Engine)
  • Plant Pulogadung (Service & Sales)
  • Plant Tambun I (Perakitan Motor)
  • Plant Tambun II (Perakitan Mobil)
  • Plant Spare Part

Berbagai macam prestasi telah di raih Suzuki selama 50 tahun kiprahnya di Indonesia. Beberapa produk andalannya telah banyak diterima masyarakat tanah air bahkan ada yang menjadi kendaraan legendaris yang disematkan oleh masyarakat seperti Suzuki Carry dan juga suzuki Jimny.

Mobil Legendaris

Suzuki Carry pick up menjadi kendaraan andalan para pebisnis yang menginginkan mobil niaga ringan yang tangguh, kokoh, kuat, dan juga irit.  Tidak itu saja, Suzuki Carry juga dipasaran dengan harga yang kompetitif.

Dengan berbagai keunggulan dan harga yang kompetitif, tentu tidak aneh apabila Suzuki Carry Pick Up menjadi kendaraan legendaris andalan para pebisnis sejati yang menginginkan sebuah kendaraan niaga yang kokoh, kuat, tangguh dan juga irit*

50 Tahun Suzuki Di Indonesia hadirkan Kendaraan Legendaris

Sedangkan Suzuki Jimny hadir dengan ciri khas model boxy, kompak, dan juga fungsional guna menunjang performa off road. Desain kotaknya yang khas mengekspresikan kemampuan dan ketahanan.

Suzuki Jimny cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian maupun kendaraan offroad. Suzuki Jimny diakui ketangguhannya saat melibas berbagai medan. Hingga tidak aneh apabila Suzuki Jimny menjadi salah satu mobil andalan para ‘offroade-er’.*

50 Tahun Suzuki Di Indonesia hadirkan Kendaraan Legendaris

Tidak itu saja, Suzuki juga memiliki beberapa mobil penumpang andalannya yang layak untuk diperhitungkan para kompetitornya.

Suzuki memiliki Ertiga untuk MPV dan juga XL7 untuk medium low SUV menjadi kendaraan penumpang yang cocok bagi kelurga dalam menjalankan aktifitas sehari-harinya.

Kedua mobil ini memiliki disain yang menarik dan juga mewah. Selain menawarkan harga yang kompetitif, mobil ini juga dilengkapi dengan kenyamanan serta keamanan yang baik. Tidak heran apabila mobil ini menjadi pilihan kelurga di Indonesia.**

Selamat ulang tahun Suzuki Indonesia yang ke-50


Baca Juga

Asal Muasal Suzuki Dari Pabrik Tenun Hingga Pemain Otomotif Terbesar

Ngovid Bareng FORWOT, Suzuki Carry Mobil Niaga Yang Legendaris

 

• Spread The Love •

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.