50 Tahun KTB Fuso Turut Membangun Indonesia Maju

OTOExpo.com –  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) merupakan distributor resmi kendaraan niaga merk Mitsubishi FUSO di Indonesia. KTB telah hadir di Indonesia sejak 1970.



Mitsubishi Fuso terkenal memiliki mesin yang tangguh, kuat, mudah perawatannya serta ketersediaan spare part yang berlimpah membuat kendaraan niaga ini banyak dipercaya para pengusaha di dalam kota maupun di pelosok untuk menjalankan roda bisnisnya.

Kehadiran Mitsubishi Fuso turut menjadi saksi pembangunan infrastruktur yang tengah di galakkan pemerintah Indonesia.

Diawal pendiriannya, KTB merupakan distributor resmi dari seluruh kendaraan merek Mitsubishi yang terdiri dari kendaraan niaga, kendaraan niaga ringan, dan kendaraan penumpang.

47 tahun setelahnya, tepatnya di tahun 2017, KTB memutuskan untuk lebih memfokuskan entiti menjadi dua unit bisnis, yaitu:

  • KTB yang bertanggung jawab untuk pemasaran kendaraan niaga
  • Kendaraan niaga ringan dan kendaraan penumpang di sebuah unit bisnis baru, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia. (MMKSI)

Kehadiran KTB di Indonesia ditandai dengan hadirnya Mitsubishi Colt T100 yang menjadi angkutan pertama Mitsubishi. Mobil legendaris ini merupakan cikal bakal  kendaraan niaga di tanah air.

50 Tahun KTB Fuso Turut Membangun Indonesia Maju

Colt T100 generasi pertama bermesin 4 silinder, 1.100 cc dan mampu mengeluarkan daya hingga 61 hp. Colt T 100 memiliki daya angkut maksimal 600 kg dan kecepatan puncak 115 km/jam. Mobil ini pada jamannya banyak digunakan untuk instansi pemerintahan.

Saat ini, Truk KTB di Indonesia terbagi dalam 3 kategori berdasarkan klasifikasi.

  1. Colt Diesel
  2. Truk Fuso
  3. Tracktor Head
Colt Diesel

Untuk Colt Diesel atau light duty sangat mudah membedakannya. Colt Diesel memiliki bentuk yang lebih kecil dengan kepala berciri khas warna kuning. Colt Diesel sangat sesuai untuk pengusaha di industri pertambangan, ekspedisi, pertanian dan perkebunan dengan beban muatan dalam kategori ringan.

MItsubishi Fuso FE 74

Colt Diesel juga terbagi dalam beberapa jenis, salah satunya adalah Cold Diesel FE74 D merupakan Truk Niaga yang memiliki performa yang luar biasa karena selain memiliki sasis yang kokoh, tangguh serta tahan lama.

Mesin yang digunakan untuk Colt Diesel FE74 D adalah 4D34-2AT8 dengan Turbo Intercooler yang dapat menghasilkan tenaga lebih besar dan tapi irit bahan bakar.

Fuso Fighter Chassis Panjang Hadir di GIIAS Makassar
Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, meninjau langsung kendaraan Mitsubishi Fuso di GIIAS Makassar 2019.

Dan ada juga Colt Diesel FE 74 Long sebagai colt diesel terpanjang di dunia. Panjang colt diesel ini 7.030 mm, dengan panjang cab to end 5.343 mm, dan dapat menampung volume hingga 15,6 m3.

Truk Fuso

Setelah itu ada Truk Fuso yang masuk dalam kategori medium duty. Truk Fuso memiliki ukuran lebih besar dari Colt Diesel (light duty). Truk FUSO diklasifikasikan lagi berdasarkan roda penggeraknya, yaitu  : 4 x 2,  6 x 2,  6 x 4.

Truk Fuso memiliki ciri khas kepalanya berwarna orange.  Truk Fuso Fighter menjadi salah satu andalan dari truk ini. Salah satunya adalah Fighter FN61FL HD (6×2). Varian Fighter FN61FL HD (6×2) di klaim lebih bertenaga dan juga memiliki dimensi lebih besar juga lebih panjang.

Fuso Fighter Chassis Panjang Hadir di GIIAS Makassar

Chassis pada Fighter FN61FL HD (6×2) cab to end 9,8 meter. Walaupun lebih besar dan lebih panjang, kehadiran Fuso Fighter FN61FL HD (6×2) sesuai aturan regulasi pemerintah terkait Truk Over Dimension Over Load (ODOL)……….(lanjut halaman 2)

• Spread The Love •
  • 1
    Share

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.