OTOExpo.com – Sebagian orang memandang musim hujan sebagai sebuah berkah, namun tak begitu halnya bagi sebagian pemilik mobil. Hujan menjadi penyebab mobil kotor dan tak sedap dipandang mata.

Saat musim kemarau tentu kita tidak terlalu pusing dalam merawat eksterior dari mobil.

Namun lain halnya ketika musim penghujang datang. Bagi anda yang terbiasa beraktifitas menggunakan mobil apalagi jika anda tinggal di kawasan yang rawan banjir dan pasti anda tak ingin mobil kesayangan anda tergenang air.

Berikut ini ada beberapa tips  dalam merawat mobil ketika musim hujan :

Segera di Cuci, 
10 Tips Rawat Mobil Di Musim Penghujan

Setelah mobil anda terkena hujan, segeralah di cuci, jangan menunggu air hujan kering di permukaan mobil karena dapat merusak cat serta permukaan mobil anda.

Cek Kebocoran, 

Cek bagian saringan udara, tangki bahan bakar mobil anda untuk memastikan tidak ada kebocoran pada mobil anda yang menjadi jalan masuk bagi air.

Gunakan Cover mobil, 
10 Tips Rawat Mobil Di Musim Penghujan

Bagi anda yang memarkir kendaraan anda, usahakan tidak pada ruang terrbuka. kalaupun di luar tutupilah mobil anda, tapi usahakan yang waterproof sehingga tidak hanya debu yang tercover tapi juga air hujan.

Gunakan Silicon Spray 

Secara berkala pada kompenen mobil yang terbuat dari karet dan kaca. Hal ini untuk menjaga kelenturan dan memperkuatnya.

Gunakan Contact Cleaner 

Dalam proses perawatan mobil anda. Gunakan ini pada bagian mobil yang menggunakan sistem elektrik untuk mengantisipasi masuknya air di mobil anda.

Gunakan Pelumas, 

Aplikasikan pelumas untuk bagian engsel pintu mobil anda agar terhindar dari karat.

Menghindari jamur 

Lapisilah lantai di dalam mobil anda dengan Koran. Hal ini agar saat hujan ketika anda masuk tidak membasahi lantai, ini membantu mencegah tumbuhnya jamur di dalam mobil.

Cek Dinamo Starter, 

Periksa apakah motor starter berfungsi dengan baik. Apakah motor starter lancar, tidak tersendat-sendat.

Paling mudah terpantau saat dinamo stater mengalami kerewelan adalah susahnya mesin mobil dihidupkan. Pastikan pula arus yang mengalir ke motor starter kuat untuk memutar motor starter.

Kelistrikan, 

Periksa komponen sistem kelistrikan apakah semua berfungsi dengan baik, seperti ada kabel yang mengelupas, putus, kendor dan kerusakan lain.

Periksa lampu-lampu kendaraan apakah ada yang putus. Periksa pula instrumen switch lampu.

Masuknya air dalam sistem perlistrikan dan kabel bakal menyulut terjadinya hubungan arus pendek dan membuat mobil segera mogok jika bagian ini basah.

Perhatikan jalan, 
10 Tips Rawat Mobil Di Musim Penghujan

Dan yang terakhir, di beberapa titik kota Jakarta terdapat pohon tua, usahakan hindari.

Hal ini untuk mencegah tumbangnya pohon ketika anda lewat. Hal ini dapat tidak hanya menyelamatkan mobil anda, tapi juga nyawa anda.

• Spread The Love •

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.