1 0
Waktu :5 Menit, 19 Detik

OTOExpo.com –  Aleix Espargaró berhasil meraih pole position pertama bagi tim Aprilia Racing di MotoGP dengan penampilan memukau yang bersejarah bagi Aprilia Racing Team di International Autodromo Termas de Rio Hondo, sirkuit tempat Grand Prix Argentina berlangsung.

Faktanya, meskipun waktu yang dimiliki sangat terbatas, dengan sesi free practice dan kualifikasi dilaksanakan bersamaan pada hari yang sama, kedua mesin RS-GP terbukti melaju sangat cepat sejak sesi pertama, sehingga keduanya mampu memonopoli dua posisi teratas – dengan Maverick Vinales berada tepat di belakang rekan setimnya – di penghujung sesi latihan bebas untuk menentukan siapa yang akan langsung melaju ke balap kualifikasi 2 (Q2).

Aprilia Rebut Pole Position MotoGP Argentina
Aprilia Rebut Pole Position MotoGP Argentina

Di sesi penentuan kualifikasi, Espargaró memberikan penampilan pertama yang luar biasa dengan catatan menit 1’38.108, dan melalui penampilan memukau ia mencatat waktu lebih singkat yaitu 1’37.688 di penghujung garis finish.

Performa ini sangat dekat dengan track record (5 per seribu detik)yang dilakukan pada balap akhir pekan ke-200 dirinya di kelas teratas grand prix.

Sementara itu, hasil akhir Viñales juga luar biasa untuk menyambut sesi balapan utama. Viñales segera menemukan dirinya nyaman di atas sadel, di mana berhasil finish pada posisi ke-5 di sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1’38”196.

ALEIX ESPARGARÓ

“Kata yang paling tepat menggambarkan perasaan saya saat ini adalah ‘bangga’. Saya selalu mengatakan bahwa Aprilia adalah keluarga kedua saya. Ada ikatan yang erat dengan proyek ini, dan rasa terima kasih yang tulus saya sampaikan kepada seluruh pihak yang bekerja secara terus menerus, di lintasan dan di Noale (pabrik utama Aprilia di Italia), untuk mewujudkan kesuksesan ini. Tidak dipungkiri bahwa saya memikirkan tentang pole hari ini setelah melihat kecepatan kami selama sesi di mana saya mampu melaju dengan cepat, baik dengan ban belakang medium maupun soft. Besok? Tidak akan menjadi balapan yang mudah. Kami memiliki waktu yang sangat terbatas dari biasanya untuk mempersiapkan diri, tapi kami tetap siap.” 

Aprilia Rebut Pole Position MotoGP Argentina
Aprilia Rebut Pole Position MotoGP Argentina

MAVERICK VIÑALES

Saya sangat bahagia untuk Aleix dan untuk Aprilia. Saya rasa ini adalah hasil yang layak didapatkan. Keseluruhan tim bekerja dengan sangat baik. Saya langsung merasa nyaman meski dengan low grip di aspal. Pada balapan esok hari, kami harus lebih fokus. Namun, saya tidak khawatir karena apapun hasil akhirnya, perkembangan kami dan langkah maju yang kami ambil sejak dari Mandalika.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %