All New Honda Civic Type R Kembali Pecahkan Rekor Mobil FWD Tercepat di Jerman

All New Honda Civic Type R Kembali Pecahkan Rekor Mobil FWD Tercepat di Jerman

 

OTOExpo.com –  Honda Motor Co., Ltd mengumumkan bahwa All New Honda Civic Type R kembali berhasil memecahkan rekor menjadi mobil penggerak roda depan (FWD) tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman. Honda Civic Type R generasi terbaru (FL5) berhasil mencatatkan waktu 7 menit 44.881 detik pada pengujian yang dilakukan di sirkuit Nurburgring, Jerman yang mempunyai panjang 20.832 kilometer.

Rekor catatan waktu tersebut sebelumnya juga pernah ditorehkan oleh Honda Civic Type R generasi sebelumnya di sirkuit Nurburgring, Jerman pada tahun 2017 lalu. Selain itu, All New Honda Civic Type R juga telah berhasil mencatatkan rekor mobil FWD tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang pada tahun 2022 dengan catatan waktu 2 menit 23.120 detik.

Generasi terbaru dari Honda Civic Type R pertama kali diluncurkan di Jepang pada bulan September 2022 dan langsung disambut dengan antusias oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Pada akhir Maret 2023 lalu, Honda Civic Type R telah diluncurkan di Indonesia dengan desain agresif serta mesin dengan tenaga terbesar.

All New Honda Civic Type R merupakan model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda. Desain All New Honda Civic Type R dikembangkan dengan konsep Ultimate SPORT 2.0 yang mengejar performa dari mobil balap dan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Honda Civic Type R generasi terbaru ini mengusung mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 319 PS dan torsi maksimal sebesar 420 Nm.

All New Honda Civic Type R Kembali Pecahkan Rekor Mobil FWD Tercepat di Jerman
All New Honda Civic Type R Kembali Pecahkan Rekor Mobil FWD Tercepat di Jerman

Hideki Kakinuma selaku Honda Civic Type R Development Leader mengatakan, “Dengan mengusung konsep pengembangan Ultimate Sport 2.0, kami mengembangkan Civic Type R generasi terbaru ini berdasarkan segudang prestasi yang kami raih pada Civic Type R generasi sebelumnya.  Selain itu, kami juga yakin bahwa mobil ini merupakan satu-satunya FWD sports car yang dikembangkan berdasarkan nilai dasar Honda. Sejak diluncurkan pada September 2022 lalu, mobil ini telah berhasil mendapatkan berbagai tanggapan positif dari konsumen kami di seluruh dunia dimana tanggapan-tanggapan tersebut telah melebihi ekspektasi kami.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan, Pada tahun 2023 ini, kami melakukan misi kami seperti yang enam tahun lalu kami lakukan yaitu mencetak rekor lap tercepat untuk mobil FWD sports car di sirkuit Nurburgring, Jerman dan kami berhasil untuk kembali mencetak rekor lap tercepat di Nurburgring. Kami berharap para konsumen kami dan juga para calon konsumen kami menikmati Civic Type R dengan rasa bangga.”pungkasnya.