2 0
Waktu :10 Menit, 42 Detik

Kupas Teknologi All New ERTIGA Hybrid Mobil Keluarga Kenyamanan Maksimal

OTOExpo.com – Persaingan di LMPV semakin ketat. Para produsen kendaraan saling berlomba menarik keinginan konsumen. Promo serta diskon pun betebaran. Selain itu berbagai teknologi turut disematkan agar dapat diterima masyarakat.

Seperti PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang belum lama ini mengeluarkan varian terbaru dari suzuki Ertiga. Varian terbaru ini sudah menyematkan teknologi hybrid yang diberi nama “Suzuki Smart Hybrid.”

Pemilik Pertama Suzuki ERTIGA Hybrid

Kehadiran Suzuki All New Ertiga Hybrid telah menyematkan teknologi tersebut hingga membuat kendaraan ini menjadi LMPV pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi yang ramah lingkungan dan irit bbm.

Karakteristik mobil LMPV adalah memiliki kabin yang luas dan nyaman hingga menjadikan sebagai salah satu jenis mobil yang digemari masyarakat Indonesia.

Adapun kelebihan mobil jenis LMPV adalah, selain dapat menampung hingga 7 penumpang, mobil ini juga memiliki fitur keselamatan saat berkendara mengingat mobil ini untuk keluarga yang dapat digunakan juga sebagai kendaraan harian.

Suzuki menggabungkan kelebihan dari LMPV tersebut dengan menghadirkan All New ERTIGA Hybrid dilengkapi dengan teknologi yang semakin memanjakan pengemudinya maupun penumpangnya.

Adapun teknologi tersebut adalah :

1. Cruise Control
Fitur ini merupakan fitur yang membuat kendaraan dapat berjalan dengan kecepatan tertentu tanpa harus menginjak pedal gas.

Fitur ini disematkan di All New Ertiga Hybrid untuk memberikan kemudahan bagi pengendara bila ingin berada pada kecepatan tertentu dan bahan bakar mobil lebih irit karena posisi gas yang stabil.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah, pengendara harus memastikan tombol cruise yang ada pada stir sudah aktif.

Kemudian fitur Cruise Control bisa berfungsi pada kecepatan lebih dari 43 Km/jam pada transmisi otomatis dan pada transmisi manual akan aktif pada posisi gigi 3 sampai 5.

Apabila Cruise Control tidak aktif namun mesin masih hidup, cukup tekan Res+ maka fungsi Cruise Control aktif kembali. Pada fitur ini, apabila ingin menambah kecepatan cukup tekan Res+ dan jika ingin mengurangi kecepatan tekan Set-.

Cara penggunaan fitur ini adalah injak pedal gas guna mengakselerasi kecepatan, kemudian lepas pedal gas maka kecepatan akan kembali pada kecepatan yang sudah di set sebelumnya. Untuk me-non aktifkan fitur ini, tekan cancel atau dengan injak pedal rem.

Raih Diskon Hingga 10 Juta Rupiah Dari Suzuki Di IIMS Hybrid 2022

2. Gear Shift Indicator Fitur
Fitur ini disematkan untuk memberikan indikasi posisi gigi yang paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar All New Ertiga Hybrid.

Cara membacanya pun cukup mudah, yaitu apabila lampu panah ke atas menyala putih maka disarankan posisi gigi dipindahkan ke satu gigi di atasnya.

Kemudian apabila lampu panah tidak menyala putih, maka posisi gigi saat ini adalah posisi yang tepat paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar.

Terakhir, apabila lampu panah ke bawah menyala putih, maka disarankan posisi gigi dipindahkan satu gigi di bawahnya.

3. Guide Me Light
All New Ertiga Hybrid dilengkapi dengan fitur Guide Me Light yang berguna untuk memandu pemilik kendaraan saat akan masuk atau keluar mobil di tempat yang minim cahaya atau gelap.

Cahaya yang digunakan adalah berasal dari pancaran sinar lampu utama mobil. Pengendara yang sedang mencari atau menuju kendaraan (to car), harus memastikan tuas lampu utama pada posisi auto.

Kemudian saat akan masuk mobil, buka pintu mobil dengan remote maka lampu utama akan tetap menyala selama 10 sampai 30 detik dan setelah itu akan mati secara otomatis.

Sedangkan pengendara yang akan meninggalkan kendaraan (to home), harus memastikan tuas lampu utama pada posisi auto dan tuas kanan digerakkan 1x seperti akan memberikan lampu dim.

Kemudian saat keluar mobil, kunci pintu mobil dengan remote dan lampu utama akan tetap menyala selama 10 sampai 30 detik dan setelah itu akan mati secara otomatis.

Raih Diskon Hingga 10 Juta Rupiah Dari Suzuki Di IIMS Hybrid 2022

4. Electronic Stability Programme (GX)
Fitur ini merupakan teknologi yang memadukan antara pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan yang licin dan berbelok, mencegah over steer dan under steer.

Maka dari itu All New Ertiga Hybrid akan menjadi lebih aman karena dilengkapi dengan ESP yang memberikan kestabilan saat melewati jalanan yang licin dan berbelok.

5. Hill Hold Control (GX-AT)
All New Ertiga menjadi lebih aman saat digunakan untuk melewati jalanan yang menanjak karena dilengkapi dengan Hill Hold Control.

Fitur ini berguna untuk mengaktifkan rem secara otomatis dan menahan sementara selama 3 detik saat akan melaju di jalan yang menanjak, sehingga mobil tidak bergerak mundur.

6. Auto Retractable Outside Mirror
Fitur Auto Retractable Outside Mirror hadir untuk All New Ertiga Hybrid GX maupun SS. Membuat mobil lebih praktis, karena spion akan terlipat otomatis saat pengendara mengunci pintu dan spion otomatis terbuka saat pengendara menyalakan mesin.

Beberapa Mobil PPnBM Turut Meriahkan Ajang Jakarta Auto Week 2022

Selain teknologi tersebut,  All New Ertiga Hybrid memiliki faktor pendukung dalam efisiensi bahan bakar, yaitu:

  • Mesin K15B yang lebih bertenaga dan irit bahan bakar dengan standar EURO4.
  • Kehadiran MID (Multi Information Display) yang menampilkan informasi ratarata konsumsi BBM, real time konsumsi BBM, dan informasi temperatur luar.
  • Menggunakan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lit-Ion Battery yang dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena dapat menghidupkan komponen kelistrikan saat mesin dalam posisi engine auto stop.

 

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %