OTOExpo.com – Alibaba diposisikan sebagai Pemain Utama di IDC MarketScape: Worldwide Commercial Content Delivery Network Services 2022 Vendor Assessment (doc #US47652821, Maret 2022), yang menganalisa 10 provider jaringan distribusi konten (CDN) berdasarkan kemampuan distribusi secara global dan strategi pertumbuhan.

Berdasarkan laporan tersebut, “CDN Alibaba Cloud memiliki basis yang kokoh di Tiongkok dengan adanya titik penyebaran dan kemampuan pengiriman konten media dan web yang luas.”

Alibaba Jadi Pemain Utama CDN Komersial Global
Alibaba Jadi Pemain Utama CDN Komersial Global

Saat ini, CDN milik Alibaba Cloud mendukung 80% situs web populer di Tiongkok dan sebanyak 1,5 juta nama situs domain yang dipercepat setiap harinya.

Berbagai kolaborasi yang mereka lakukan dengan beberapa penyedia layanan internet global di luar negeri untuk memastikan setiap pengguna memiliki akses yang konsisten di berbagai layanan terlepas dimanapun lokasi mereka berada.

Pengimplementasian sistem edge computing berperan pada peningkatan sistem control plane dan aliran sistem data ke kontainer cloud, mendukung operator dengan sistem yang dinamis, distribusi sesuai permintaan, dan elastisitas yang lebih luas guna meningkatkan stabilitas pengalaman interaksi dalam CDN.

“Dengan adanya pengakuan dari IDC MarketScape sebagai Pemain Utama di lanskap CDN menjadi motivasi dan pengakuan terbesar untuk setiap usaha yang kami lakukan hingga saat ini,” kata Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence.

“Komitmen kami dalam memenuhi kebutuhan media dan konten web perusahaan di Tiongkok dan di seluruh dunia semakin menguat dalam beberapa tahun terakhir dan kami berharap dapat terus berinovasi pada layanan kami demi mendukung pertumbuhan para pelanggan di masa mendatang.”

IDC memperkirakan pasar CDN komersial mampu mencapai USD18,8 miliar pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan 5 tahunan sebesar 17,1% dan berkisar di sekitar lima area layanan: video over-the-top; web, email, dan data; gim online; file sharing; dan keamanan.

Dengan lebih dari 2.800 node tersebar di enam benua dan bandwidth 150 Tbps yang terhubung dengan fitur cloud-native termasuk horizontal service scaling, console yang dapat dikustomisasi, API dalam jumlah banyak, dan simple architecture scaling, Alibaba Cloud berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan ini dengan menghadirkan pengalaman istimewa kepada para pelanggan global saat menggunakan CDN.

Secara konsisten, CDN milik Alibaba Cloud mampu menjawab kebutuhan di ajang Festival Belanja Global 11.11 dari Alibaba Group, yang terus bertumbuh dari tahun ke tahun.

Sepanjang fase pelaksanaan festival, CDN Alibaba Cloud memberikan pengalaman yang stabil bagi pedagang dan konsumen dengan memperkirakan volume lalu lintas secara akurat ataupun mendukung aktivitas yang membutuhkan jaringan intensif seperti livestreaming.

Alibaba Jadi Pemain Utama CDN Komersial Global
Alibaba Jadi Pemain Utama CDN Komersial Global

Perusahaan media terbesar seperti MNC Group dan platform pembelajaran online Ruangguru dalam memastikan semua konten digital secara lancar terkirim ke pengguna.

Begitu juga dengan Kumu, platform hiburan livestreaming terkemuka di Filipina, yang menggunakan CDN Alibaba Cloud untuk mendukung berbagai kebutuhan video di platformnya.

 

 

 

 

Komentar anda