Alasan Mobil Presiden Selalu Berwarna Hitam

OTOExpo.com – Hampir kebanyakan mobil presiden di dunia itu berwarna hitam. Seperti yang digunakan Presiden RI, Joko Widodo pun berwarna hitam. begitu juga dengan yang digunakan Presiden USA, Donald Trump.

Mobil Kepresidenan

Sepertinya, warna hitam menjadi warna favorite untuk mobil kepresidenan di dunia. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, ada beberapa alasan yang menyebabkan mobil yang digunakan presiden selalu berwarna hitam. Ternyata warna mobil hitam yang digunakan ada kaitannya dengan jabatan yang dimiliki oleh pemimpin negara.

Dalam ilmu yang berkaitan dengan kejiwaan (Psikologis), warna hitam dikaitkan dengan beberapa hal, seperti :

  • Kekuatan,
  • Wibawa,
  • Kekuasaan,
  • Formalitas,

Selain berhubungan dengan psikologis, ternyata ada juga tujuan lain yaitu membedakannya dari kendaraan lain yang ada di jalan, seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, atau kendaraan militer.

Meskipun presiden suatu negara sedang melakukan perjalanan ke negara lain, biasanya presiden juga akan dipinjami mobil yang berwarna hitam.

Seperti contohnya dari Konferensi Bank Dunia yang dilangsungkan tahun 1976 di Manila, para pemimpin dunia menggunakan mobil berwarna hitam dan terus berlanjut sampai pertemuan internasional para pemimpin dunia berikutnya.

Tidak Semua Mobil Kepresidenan Berwarna Hitam

Meskipun banyak presiden di dunia yang memakai mobil berwarna hitam untuk kendaraannya, ternyata tidak semua presiden di setiap negara menggunakan mobil kepresidenan berwarna hitam.

Filipina misalnya, dimana mobil kepresidenan dan pengawalan yang digunakan di negara tersebut tidak seluruhnya dicat berwarna hitam. Biasanya, mobil pengawal presiden Filipina berwarna putih atau perak. Malahan Ramon Magsaysay yang juga Presiden ketujuh Filipna menggunakan mobil berwarna putih disaat pelantikannya.

Selain Ramon Magsaysay, Presiden ke-34 Amerika Serikat, Dwight D Eisenhower juga pernah menggunakan mobil berwarna putih saat pelantikannya.

Mobil Berwarna Hitam

Mobil berwarna hitam sendiri sudah mulai populer sejak tahun 1886. Pada tahun tersebut, banyak mobil yang diproduksi berwarna hitam. Kenapa harus hitam? karena cat warna hitam akan lebih cepat kering dibandingkan warna lainnya. Selain itu warna hitam biasanya lebih tahan lama pudarnya dibanding warna lain terlebih bila sering berada di bawah paparan sinar matahari.