Aksi Pedulian Para Riders Dengan Penanaman Terumbu Karang dan Bersihkan Pantai

Aksi Pedulian Para Riders Dengan Penanaman Terumbu Karang dan Bersihkan Pantai

find us at google news

 

OTOExpo.com –¬† Sejumlah¬†riders¬†hadir di Pantai Kuta Mandalika untuk melakukan kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman terumbu karang.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WITA dan merupakan komitmen para riders dalam menjaga lingkungan dan memberikan dukungan kepada masyarakat sekitar.

Para riders juga mendapatkan panduan khusus sebelum melakukan penanaman terumbu karang, yang dilakukan di dasar laut dengan kedalaman hingga 10 meter.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama penyelenggara, yaitu MGPA dan Dyandra&Co., memegang peran dalam menggerakkan aksi sosial bersama para riders MotoGP.

ITDC memastikan bahwa aksi sosial ini terintegrasi dengan baik dalam ekosistem Sirkuit Mandalika dan berdampak positif pada lingkungan sekitar.

Aksi Pedulian Para Riders Dengan Penanaman Terumbu Karang dan Bersihkan Pantai
Aksi Pedulian Para Riders Dengan Penanaman Terumbu Karang dan Bersihkan Pantai

ITDC juga berperan dalam memastikan buat ini selaras dengan visi pengembangan pariwisata dan keberlanjutan jangka panjang, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh komunitas lokal dan industri pariwisata secara keseluruhan.

Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti¬†mengatakan, ‚ÄúITDC sebagai pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Mandalika berkomitmen untuk menjalankan inisiatif konservasi lingkungan, salah satunya dengan penanaman terumbu karang atau¬†coral planting.‚ÄĚ

‚ÄúKegiatan¬†coral planting¬†di The Mandalika merupakan bagian integral dari strategi berkelanjutan ITDC alam mengembangkan kawasan ini. Melalui kolaborasi dengan para stakeholders lokal dan pihak-pihak terkait, ITDC memastikan bahwa program ini tidak hanya berdampak positif pada ekosistem laut, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan Masyarakat sekitar.‚ÄĚ

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengungkapkan bahwa para riders, termasuk Takaaki Nakagami, Fabio Di Giannantonio, Somkiat Chantra, Ai Ogura, dan Ayumu Sasaki, bergabung dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman terumbu karang sebagai bagian dari upaya untuk menunjukkan kepedulian tinggi terhadap lingkungan sekitar.

‚ÄúKegiatan ini jadi pernyataan kami dan para riders bahwa semangat untuk menjaga lingkungan sekitar harus tetap dijaga. Ini juga jadi bagian dari tanggung kami kepada masyarakat sekitar yang terus mendukung kelancaran ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika,‚ÄĚ ujarnya.

Ajang Balapan Siap Dimulai

Sementara itu, ajang MotoGP Mandalika yang akan dimulai besok, 13 Oktober 2023, diawali dengan sesi latihan 1 untuk kelas Moto3 mulai pukul 09.00 WITA dilanjutkan oleh sesi latihan pertama untuk kelas Moto2.

Sementara itu, para pembalap di kelas MotoGP dijadwalkan memulai latihan bebas (FP1) pukul 10:45 WITA yang dilanjutkan oleh FP1 Idemitsu Asia Talent Cup.

Selanjutnya, para riders Moto3 dan Moto2 akan kembali turun melakukan sesi latihan kedua diikuti oleh sesi latihan untuk kelas MotoGP. Hari pertama tersebut akan diakhiri oleh FP2 Idemitsu Asia Talent Cup yang dijadwalkan selesai jelang pukul 17.00 WITA.

Untuk hari kedua, 14 Oktober 2023, para pembalap kelas Moto3 akan memulai sesi latihan ketiga sejak pukul 08:40 WITA, dilanjutkan oleh latihan ketiga untuk kelas Moto2. Riders kelas MotoGP kemudian akan mulai melakukan FP2, kualifikasi 1, dan kualifikasi 2.

Selanjutnya akan diadakan kualifikasi Idemitsu Asia Talent Cup, disusul oleh kualifikasi 1 dan 2 untuk kelas Moto3 dan Moto2. Pada sore hari, Sprint Race dijadwalkan pada pukul 15.00 WITA, dilanjutkan oleh Idemitsu Asia Talent Cup akan memulai sesi race 1.

Pada hari terakhir, 15 Oktober 2023, kegiatan akan dimulai dengan race 2 Idemitsu Asia Talent Cup mulai pukul 09:45 WITA, disusul pemanasan dan sesi Rider Fan Parade oleh para pembalap kelas MotoGP.

Sesi race Moto3 akan dimulai pukul 12.00 WITA, disusul oleh sesi race Moto2 pada pukul 13.15 WITA. Adapun race untuk kelas MotoGP akan dimulai pukul 15.00 WITA.

Aksi Pedulian Para Riders Dengan Penanaman Terumbu Karang dan Bersihkan Pantai
Aksi Pedulian Para Riders Dengan Penanaman Terumbu Karang dan Bersihkan Pantai

Nikmati Fasilitas Side Event

Untuk mendukung kemeriahan ajang balapan penyelenggara telah menyediakan berbagai fasilitas yang akan menunjang kenyamanan penonton mulai pada kedatangan hingga saat menonton ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Dari sisi akses menuju Sirkuit Mandalika, misalnya, penyelenggara telah menyiapkan shuttle bus yang akan mengantar penonton mulai dari titik parkir hingga ke gerbang Sirkuit Mandalika.

Tak hanya itu, fasilitas parkir kendaraan baik untuk roda 4, roda 2, hingga bus telah tersedia dengan kapasitas yang dapat menampung hingga sekitar 14.000 kendaraan.

Setelah tiba di area Sirkuit Mandalika, penonton juga dapat menikmati berbagai side event menarik yang terbagi ke dalam :

  • Merdeka Zone,
  • Pusaka Zone,
  • Bhinneka Zone, dan
  • Tropika Zona.

Area untuk makan dan minum (food & beverages) atau Fuel Up juga telah tersedia yang berlokasi di Bhinneka Zone.

Selain fasilitas dan kemudahan yang dapat dinikmati tersebut, para penonton juga perlu memperhatikan sejumlah anjuran dan larangan selama berada di area Sirkuit Mandalika.

Penonton wajib untuk menjaga kebersihan, duduk sesuai zona menonton, serta memiliki wristband dan selalu memakainya. Penonton juga dianjurkan membawa botol minuman sendiri, menyiapkan uang tunai, jas hujan, dan memakai alas kaki yang nyaman.

Sementara itu, penonton dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, benda cair mudah terbakar, tongkat selfie, laser, atau benda besi lainnya, kamera DSLR/profesional, hewan peliharaan, anak di bawah 6 tahun, payung, minuman beralkohol & obat-obatan terlarang, terompet, poster, bendera, dan spanduk, kemasan kaca, drone, dan senjata atau benda berbahaya.

find us at google news