NGK busi Salah Pilih Busi Menyebabkan Mesin Jebol
Salah Pilih Busi Menyebabkan Mesin Jebol
Pic. NGKBusi

OTOExpo.com Busi walaupun berbentuk kecil, akan tetapi fungsinya sangat vital pada mesin kendaraan. Salah pilih busi dapat menyebabkan mesin jebol.

Apabila mesin kendaraan mengalami kendala atau mogok, bagian busi tidak lepas akan ikut dicek untuk memastikan kerja mesin optimal.

Dengan fungsinya yang sangat penting dan vital tersebut,  jika anda akan membeli busi baru atau akan menggantinya, tentu harus lebih hati-hati dan juga harus memperhatikan kualitas serta kode yang tertera pada busi sesuai jenis kendaraan anda. Karena akan ada efek buruk jika anda salah pilih busi dikarenakan anda tidak teliti dalam membeli.

Fungsi Busi

Busi merupakan komponen pengapian yang berperan dalam proses pembakaran. Letaknya berada di cylinder head motor. Sistem kerja busi dengan memercikkan bunga api guna membakar bahan bakar dan udara.

Sistem pengapian dari busi sangat berpengaruh pada performa motor. Selain itu juga berpengaruh terhadap kerja mesin lewat tingkatan panasnya. Inilah mengapa elekroda busi perlu dijaga pada suhu kerja 400 derajat hingga 800 derajat celcius.

Apabila suhu busi kurang atau lebih dari suhu ideal tersebut, tentunya akan mempengaruhi kinerja mesin tersebut.

Salah Membeli Busi

Seringkali ditemui orang yang memiliki motor tapi tidak tahu kode busi standar dari motornya. Parahnya, walaupun tidak tahu kode busi untuk motornya, orang tersebut nekat membeli sendiri di bengkel.

Sehingga saat membeli busi, biasanya dicari yang ciri-cirinya sama atau juga yang menyerupai.

Padahal, apabila anda membeli dan memasang busi yang bukan peruntukkannya, motor dapat mengakibakan :

  • Overheat
  • Carbon Fouling
  • Piston Mentok
  • Elektroda meleleh
  • ECU Bermasalah
  • Knocking
Spesifikasi Yang Berbeda

Busi memiliki spesifikasi masing-masing. Walaupun memiliki drat yang berukuran sama, bisa jadi panjang atau pendeknya berbeda. Nah efek buruk nya jika salah pilih ini bisa berbahaya.

Salah Pilih Busi Menyebabkan Mesin Jebol
Pic : NGKBusi

Misalnya motor anda seharusnya menggunakan busi pendek, tetapi anda malah salah memilih busi drat panjang. Ini yang akan membuat klep jadi bengkok, yang lebih parahnya bisa dihajar piston.

Selain itu, penggunaanya yang salah dapat menyebabkan penumpukkan karbon (terlalu pendek) dan busi mengalami overheat (terlalu panjang)

Lalu, jika motor anda seharusnya menggunakan drat panjang tetapi malah di pasang busi drat pendek. Ini akan berakibat mesin motor anda tidak akan hidup ketika di hidupkan.

Hal ini disebabkan busi tidak akan sampai ke ruang bakar, sehingga mesin anda mati tidak bisa dihidupkan meskipun di starter puluhan kali.

Raih Pembakaran Sempurna

Peran busi pada motor memang sangat penting sekali. Apabila busi tidak memercikkan bunga api, maka tidak akan terjadi proses pembakaran. Dan jika busi tidak memercikkan bunga api dengan fokus, maka motor akan ngadat.

Penyebab bunga api pada busi tidak fokus karena terdapat kerak di sekitar elektroda busi. Dan hal ini akan menyebabkan percikan bunga api arahnya ke samping dan lebih kecil, sehingga membuat motor juga ngadat.

Busi yang kerjanya sudah tidak bagus lagi juga dapat mengakibatkan motor nyendat ketika ditarik gasnya. Apalagi ketik sedang mengendara di tanjakan, maka tenaganya akan terasa berkurang. Supaya busi tetap bekerja dengan baik lagi, maka segera ganti busi motor Anda.

Salah Pilih Busi Menyebabkan Mesin Jebol

Tabel Busi NGK untuk Motor Anda

Agar tidak salah dalam membeli busi, Berikut ini tabel busi NGK untuk jenis motor Honda dan Yamaha.

Pertanyaannya, Kenapa harus NGK Busi?

Karena NGK Busi Indonesia telah berkiprah di industri otomotif Tanah Air sejak 40 tahun yang lalu. Selain itu, busi NGK telah dipercaya sebagai busi OEM beberapa pabrikan otomotif di dunia dan juga telah dipercaya di ajang balap nasional maupun internasional

Salah Pilih Busi Menyebabkan Mesin Jebol

Salah Pilih Busi Menyebabkan Mesin Jebol


 

Baca Juga …

NGK Busi Klaim Kuasai Pasar Busi Di Tanah Air

Komentar Anda