Pertamina Kerahkan Relawan Kerja Bakti Bersama Masyarakat

OTOExpo.com – Pertamina terus memperluas jangkauan dan jenis bantuan kepada masyarakat di Jakarta, Tangerang dan Bekasi yang tertimpah bencana banjir awal tahun 2020.

Hari ini, 5 Januari 2020, Pertamina sebagai koordinator BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) bersama BUMN lainnya melakukan Kerja Bakti di Kelurahan Sukapura Jakarta Utara.

Selain menyumbangkan peralatan kebersihan, bersama dengan masyarakat sekitar, Dinas Kebersihan Pemkot Jakarta Utara dan Satpol PP, 46 relawan Pertamina yang berasal dari Kantor Pusat, Pertamina MOR III, Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Gas (Pertagas), PT Pertamina Lubricant dan PT PGN (Persero) terjun langsung membantu masyarakat memperbaiki lingkungan sekitar seperti membersihkan saluran air yang tersumbat dan jalanan dari sampah banjir.

Total Bantuan

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan Pertamina Group dan BUMN lain yakni Pelindo, Pelni dan Pegadaian mengupayakan berbagai kegiatan dan bantuan untuk meringankan beban warga Jakarta dan sekitarnya yang terkena musibah banjir. Selama lima hari ini, total bantuan yang telah disalurkan mencapai Rp 671,8 juta.

Pertamina Kerahkan Relawan Kerja Bakti Bersama Masyarakat

“Kerja bakti ini dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan pasca banjir, agar masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal,” ujarnya.

Sebelumnya, tambah Fajriyah, Pertamina Group juga telah menyalurkan berbagai jenis bantuan logistik di antaranya makanan siap saji, susu, biskuit, kebutuhan sehari-hari seperti popok bayi, selimut, kasur lipat, dan perlengkapan kebersihan. Untuk kebutuhan posko dan dapur umum juga disalurkan Bright Gas.

Tim Medis

Adapun untuk melayani kebutuhan masyarakat yang terkena gangguan kesehatan, Pertamina menerjunkan tim medis dari PT Pertamedika IHC. Pemeriksaan kesehatan dilakukan di Kelurahan Kapuk Muara dan Kamal Muara bersinergi dengan tim medis Puskesmas Kecamatan Penjaringan.

“Melalui layanan kesehatan Pertamedika mendirikan posko medis di wilayah Kapuk Muara dan Teluk Intan. Hingga saat ini, jumlah pasien yang telah terlayani sebanyak 287 orang.” ungkapnya.

Posko Layanan Ganti Oli Gratis

Untuk menangani kendaraan terdampak banjir, masyarakat di Kelurahan Semper, Cilincing Jakarta Utara dapat mendatangi posko layanan ganti oli gratis Pertamina dengan menunjukkan foto kendaraan yang terendam banjir.

Menurut Fajriyah, Pertamina Lubricant telah membuka tiga titik layanan ganti oli yakni Bengkel PUJ, Enduro Express Matahari Motor Semper dan Lubecare di Kantor Kelurahan Semper Barat.

Pelayanan Ganti Oli

Pelayanan Ganti Oli di Lubecare Mobile Service di Kelurahan Semper diberikan untuk 200 motor. Adapun di Enduro Express Matahari Semper untuk 50 motor dan di Pabrik Production Unit sebanyak 70 motor. Program ini, berlangsung Senin – Selasa (6 – 7 Januari 2020) atau hingga program habis.

“Kami sangat peduli dengan kondisi masyarakat yang tertimpah bencana. Sehingga seluruh komponen perusahaan turut membantu warga, baik bahan bakar, logistik, kesehatan termasuk kendaraan mereka,”imbuh Fajriyah.

Bantuan DIperluas

Selebihnya bantuan juga diperluas ke Jaktim, Jaksel, Jakpus dan Jakbar serta Tangerang dan Bekasi. Untuk Kelurahan Pengadegan Jakarta Selatan, Pertamina MOR III menyalurkan bantuan makanan, logistik dan obat-obatan. Di Kelurahan Jati Kramat, Jatiasih, Bekasi juga didirikan Posko Banjir yang berlokasi di RW 010.

“Selain menyediakan makanan jadi, kebutuhan bayi, dan obat-obatan, Posko banjir Pertamina di Jati Kramat juga menyediakan peralatan kebersihan seperti seperti kain pel, sapu lidi, karbol, pengki plastik, ember, gayung, sikat, dan trash bag. Bantuan peralatan ini dapat digunakan masyarakat sekitar untuk membersihkan rumah mereka dari lumpur bekas banjir,”kata Fajriyah.

Kontribusi

Fajriyah menuturkan, selain bantuan yang dilakukan Pertamina Group, bersama BUMN lainnya juga ikut berkontribusi di Posko Bersama Banjir Jakarta Utara, khususnya di Kelurahan Sukapura, Kelurahan Semper Barat, Kelurahan Muara Kapuk, Kelurahan Rorotan, Kelurahan Pegangsaan Dua dan Kelurahan Pejagalan.

Pertamina Kerahkan Relawan Kerja Bakti Bersama Masyarakat

“Selain kebutuhan makanan siap saja, logistik, serta layanan ganti oli gratis, Pertamina juga memberikan dukungan bahan bakar LPG jenis Bright Gas ukuran 12 kg totalnya mencapai 230 tabung untuk kebutuhan Dapur Umum di posko bersama BUMN Peduli dan Posko BPBD di Kantor Walikota Jakarta Utara,”pungkasnya.

Comment