NGK Busi Ajarkan Kapan Saatnya Busi Harus Diganti

OTOExpo.com – Otobursa TumplekBlek 2019 telah usai. Dalam ajang tersebut, NGK Busi Indonesia selaku produsen Busi NGK yang merajai pasar busi di tanah air turut memeriahkan ajang tahunan tersebut.

Selain menawarkan berbagai promo yang menarik, NGK Busi juga memberikan edukasi kepada para pengunjung yang sekedar mampir untuk membeli busi ataupun hanya bertanya seputar busi.

Busi Aus = BBM Boros

Busi merupakan komponen kendaraan yang sangat vital fungsinya, untuk itu busi perlu diganti secara berkala.  Hal ini bertujuan agar proses pembakaran yang berlangsung di dalam mesin tetap optimal. Jika kualitas busi sudah menurun, proses pembakaran dapat terganggu dan tentunya bikin konsumsi BBM jadi lebih boros.

Akan lebih jelas terasa apabila kompresi-nya sudah menurun. Hal ini diakibatkan elektroda yang sudah kotor atau mengalami keausan. Efeknya sudah tentu kompresi dan performa mesin akan droop, tidak seperti biasanya.

NGK Busi Ajarkan Kapan Saatnya Busi Harus Diganti

Cara Mengetahui Performa Mesin

Adapun cara paling mudah untuk mengetahui performa mesin yang mulai turun akibat busi bisa di tes saat kendaraan digunakan saat jalan menanjak. Busi yang sudah turun performanya, laju mesin akan terasa lebih berat dan tidak seimbang dengan putaran gas yang dikeluarkan. Hal ini disebabkan karena percikan busi sudah tidak normal lagi.

NGK Busi Ajarkan Kapan Saatnya Busi Harus Diganti

Ada baiknya apabila busi di cek disaat kendaraan sudah menempuh jarak tertentu. Berdasarkan hasil riset internal PT NGK Busi Indonesia menunjukkan, busi tipe standar pada umumnya akan mulai aus pada sepeda motor di 6.000 km dan mobil di 20.000 km. Setelah itu baru cek fisik dari busi tersebut. Membiarkan busi yang sudah aus dan masa pakainya habis, dapat memicu terjadinya overheat pada busi saat busi bekerja, yakni disaat mesin kendaraan dihidupkan.

Kerusakan

Untuk busi jenis standar, kerusakan yang sering kali terjadi pada ground dan pada pusatnya. Sementara, pada busi dengan material logam mulia tunggal, kerusakan biasanya terjadi di ground busi.

Kerusakan pada busi ditandai oleh keausan pada elektrodanya. Jika busi yang elektrodanya sudah aus dan tidak segera diganti dengan busi yang baru, kerusakan pada elektroda akan merembet ke komponen lain pada kendaraan.

NGK Busi Ajarkan Kapan Saatnya Busi Harus Diganti

“Untuk itu diperlukan pengecekan busi secara berkala agar kendaraan anda tetap optimal dan tentunya tidak boros BBM” tutup Ijoel selaku Sales Marketing Department PT NGK Busi Indonesia di ajang Otobursa TumplekBlek 2019.


Baca Juga …

NGK Busi Di Otobursa Banyak Diskon Dan Merchandise

• Spread The Love •

Your Comment