Busi NGK Palsu Banyak Beredar loh, Ini Cara Identifikasinya

OTOExpo.com – PT. NGK Busi Indonesia sebagai pemain busi yang dipercaya dan berkualitas tentu tidak lepas dari ‘tangan-tangan jahil’ yang ingin mengambil keuntungan dari busi tersebut.

Busi NGK merupakan salah satu merek busi yang dijadikan komponen OEM (Original Equipment Manufacturer) oleh kebanyakan pabrikan sepeda motor maupun mobil di Indonesia.

Biasanya, Busi NGK yang palsu banyak beredar di e-commerce atau penjualan via online. Kalau anda mendapat busi palsu, lebih baik jangan digunakan. Penggunaan busi palsu dapat merusak mesin kendaraan. Karena busi memiliki peran vital yang berfungsi sebagai pemantik api dalam ruang bakar di mesin.

Lantas bagaimana cara membedakannya antara busi NGK asli dan yang ‘kaleng-kaleng‘ ?

Kemasan

Begitu membeli Busi NGK, pertama kali yang kita lihat adalah kemasannya. Perhatikan dengan seksama kemasaannya.  Busi NGK yang asli pada kemasannya ada tulisan ‘Made in Japan dan distribusikan oleh PT NGK Busi Indonesia’. Sedangkan kemasan busi yang palsu biasanya hanya ada lambang NGK saja.


Ulir

Setelah kemasannya, lalu coba perhatikan busi nya. Apakah ulirnya rapih atau tidak. Selain rapih, Busi NGK yang asli apabila diraba juga terasa halus. Sedangkan yang ‘kw’ itu terasa kasar.Busi NGK Palsu Banyak Beredar loh, Ini Cara Identifikasinya

Part Number

Setelah itu, jangan lupa cek part numbernya. Busi NGK yang asli part numbernya juga tertata rapih dan jelas. Sedangkan yang palsu biasanya bentuk tulisannya hitam, agak tebal, dan posisinya tidak rapih.

Nomor Lot Produksi

Busi NGK yang asli memiliki nomor lot produksi yang berbentuk hexagonal, Busi NGK yang palsu biasanya tidak ada.

Pelindung Gasket

Setelah dipegang businya, coba lepas pelindung atau gasketnya. Bila gasketnya mudah terlepas, anda patut curiga itu adalah busi NGK palsu. Karena Busi NGK yang asli apabila gasket bisa dilepas, maka gasket tersebut tidak bisa dipasangkan kembali. Pada busi NGK palsu, ring mudah lepas atau longgar.Busi NGK Palsu Banyak Beredar loh, Ini Cara Identifikasinya

Metal Shell Busi

Ciri lain dari busi NGK yang palsu akan terlihat buram serta mudah berkarat. Hal itu tidak dapat anda temui pada Busi NGK yang asli. Busi NGK yang asli warnanya lebih cerah dan pastinya anti karat.

Ujung Elektroda

Yang terakhir, coba perhatikan konstruksi di ujung elektroda, gap dan penyambungan pada busi. busi NGK yang asli tentu pembuatannya sangat rapi dan juga presisi. sementara busi NGK palsu pembuatannya tidak rapih dan juga tidak presisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *