OTOExpo.com – Chatting sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan kultur konsumen Indonesia disadari oleh banyak pemilik bisnis online yang mempekerjakan fungsi admin di dalam bisnisnya.

Namun di sisi lain, pemilik bisnis perlu memahami bahwa admin memiliki potensi untuk berkembang dari rutinitas membalas pertanyaan chat customer yang repetitif.

BJtech

Peluang untuk memperkaya fungsi admin ini dikembangkan lebih lanjut oleh BJtech dalam produk terbaru mereka, BALESIN.

Pada acara IDEAfest, 3-6 Oktober 2019 di JCC Senayan, Jakarta, BJtech turut serta di salah satu sesi IDEAtalks yang mengusung tema “Zero Budget Marketing”, mencantumkan potensi chatbot untuk meningkatkan level customer service dengan biaya yang relatif lebih murah.

Bisnis Online Lintas Industri

Peran admin yang bertugas merespon setiap pertanyaan customer kini semakin populer ditemui di kalangan pemilik bisnis online lintas industri. Hal ini berkaitan dengan ekspektasi customer yang mengharapkan respon dalam jangka waktu lima menit.

BALESIN siap jadi admin otomatis menjawab pertanyaan berulang

Di saat menjalankan tanggung jawabnya, sering kali admin dihadapkan dengan pertanyaan yang cenderung repetitif dari customer. Adapun cara menjawab pertanyaan berulang yang bisa dilakukan lewat page FAQ (Frequently Asked Questions) di sosial media atau website, namun pada kenyataannya sering dilewat oleh customer yang memilih chat langsung ke admin.

Pertanyaan Rutin

Rutinitas menjawab pertanyaan repetitif dari customer seperti itu, apalagi jika harus dilakukan hampir setiap hari, berpotensi menimbulkan kejenuhan dan bisa memengaruhi performa kerja admin ke depannya.

Setelah menciptakan Bang Joni dan bekerjasama dengan beberapa brand besar seperti BNI, Coca Cola & Frestea, BFI Finance dalam pengembangan produk berbasis chatbot, kini BJtech siap luncurkan BALESIN, yakni admin otomatis yang bisa menjawab pertanyaan berulang customer secara cepat, tepat, dan otomatis 24 jam.

BALESIN

Didukung oleh teknologi chatbot, BJtech melalui BALESIN menawarkan alternatif baru untuk meningkatkan layanan customer service. Pemilik bisnis dan admin tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan yang repetitif satu per satu, sementara customer juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam.

Saat ini BALESIN hidup sebagai link yang bisa di-share di WhatsApp Messenger, e-commerce, dan akun media sosial lainnya, juga berupa chat widget yang bisa ditempel di dalam website.

Fungsi Chatbot

Diatce G. Harahap, CEO BJtech menyatakan, “Kami menyadari bahwa admin juga perlu level up, skill improvement dari sekedar membalas chat customer yang itu-itu saja setiap harinya. Dengan chatbot, admin bisa lepas dari rutinitas menjawab pertanyaan repetitif, ditugaskan sebagai supervisor untuk memantau atau mengambil alih fungsi chatbot jika diperlukan saja. Misalnya ada customer yang komplain, di situlah peran admin mulai bekerja.”

Selain menjawab pertanyaan berulang secara cepat, tepat, dan otomatis, BALESIN menyediakan analitik yang bisa digunakan untuk menambah kualitas layanan kepada customer ke depannya.

Analitik

Analitik berisi laporan-laporan seperti berapa jumlah pertanyaan yang dijawab, tingkat kesuksesan dalam menjawab, total percakapan dalam jangka waktu tertentu, dan data-data lainnya yang bisa mendukung dan dipelajari untuk meningkatkan kualitas customer service.

Untuk membuat customer lebih interaktif dan nyaman saat chatting, admin maupun pemilik bisnis juga bisa mengatur gaya bahasa atau percakapan sesuai dengan lini bisnis yang dijalankan.

Chatbot

Fungsi chatbot untuk menjawab pertanyaan customer, tentu saja bukan dimaksud untuk menggantikan peran admin. Admin justru memiliki peluang dan waktu lebih untuk mengembangkan skill-nya di bidang lain atau mengejakan peran lain yang lebih strategis, dan bertindak sebagai supervisor chatbot dalam menangani pelanggan.

Bagi pemilik bisnis, hal ini juga bisa dimanfaatkan selain karena efisiensi biaya dan tenaga, kolaborasi antara BALESIN berbasis chatbot beserta admin dengan skill mumpuni dapat menjadi investasi untuk pengembangan bisnis.

Zero Budget Marketing

Bersamaan dengan acara IDEAfest yang berlangsung pada 3-6 Oktober 2019 di JCC Senayan, Jakarta, BJtech di salah satu sesi IDEAtalks yang mengusung tema “Zero Budget Marketing”menceritakan potensi chatbot sebagai solusi bagi para pebisnis yang ingin mencari alternatif baru marketing dengan biaya yang seminim mungkin.

Pintar Cari Peluang

“Zero Budget Marketing itu bukan hal baru dan sebenarnya banyak caranya. Kita harus pintar-pintar mencari dan memanfaatkan peluang yang udah ada, terlebih dengan maraknya perkembangan teknologi seperti sekarang.” ujar Jos Acha, influencer sekaligus pemilik JA Design Studio saat menceritakan pengalaman berbisnisnya sambil berbagi tips mengenai zero budget marketing.

• Spread The Love •

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.