0 0
Waktu :8 Menit, 18 Detik

OTOExpo.com –  Setelah mendapatkan mobil impian, pemilik mobil tidak dipungkiri perlu menyiapkan anggaran untuk biaya perawatan, servis kendaraan termasuk juga perlindungan proteksi terhadap kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau hilang dikarenakan pencurian.

Sebagai langkah penanggulangan, asuransi mobil syariah dapat memberikan mobil anda proteksi yang lengkap dari berbagai macam risiko, seperti kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas, bencana alam, kebakaran, dicuri hingga kerusuhan, tentunya sesuai dengan polis yang dipilih.

Prinsip yang digunakan dalam asuransi syariah termasuk di dalam asuransi mobil adalah prinsip tolong menolong, dengan menghibahkan sebagian dana kontribusi (premi) sebagai alat untuk menolong nasabah lain yang sedang tertimpa musibah.

Namun ternyata dalam memilih produk asuransi syariah diperlukan juga kejelian agar asuransi syariah tetap sejalan dengan syariat dan tetap efektif untuk memenuhi kebutuhan kendaraan.

5 Tips Aman Pilih Asuransi Mobil Syariah
5 Tips Aman Pilih Asuransi Mobil Syariah

Oleh karena itu, Aulia Akbar CFP®, AEPP®, selaku perencana keuangan sekaligus Financial Educator dari Lifepal.co.id, isebagai salah satu marketplace penyedia pilihan asuransi terbesar di Indonesia, membagikan 5 tips aman dan efektif dalam memilih asuransi mobil syariah.

1. Pengelolaan Dana Tabarru
Dana tabarru merupakan uang yang dikumpulkan dan akan dimanfaatkan berdasarkan prinsip sharing risk atau prinsip tolong-menolong, yang dalam asuransi kendaraan syariah ini dikelola oleh pihak asuransi sebagai dana ganti rugi bagi nasabah yang mengalami insiden yang merugikan kendaraannya.

Perlu dipastikan, sebelum menjadi nasabah resmi anda sudah mengetahui untuk apa dana tabarru’ tersebut digunakan. Apakah dana tersebut investasi, pastikan hanya diinvestasikan untuk perusahaan-perusahaan yang tidak bertentangan dengan syariat.

2. Periksa Kredibilitas Perusahaan Asuransi
Kredibilitas perusahaan asuransi merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan untuk membeli produk asuransi konvensional maupun syariah, salah satu cara untuk mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi adalah dengan melihat apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan Otoritas Jasa Keuangan.

Untuk asuransi syariah, perusahaan juga harus sudah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yaitu lembaga pengawas lembaga keuangan syariah, termasuk perusahaan penyedia produk asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam.

————— Lanjut laman 2 ……………….


 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Laman: 1 2