Hino Siap Memasuki era Euro4 Lengkapi Jaringan Dan Sistem Menjadi Lebih Canggih

40 Tahun Hino Di Indonesia Semakin Lengkap Dengan HINO500 Ultimate Safety

 

OTOExpo.com –  Kehadiran truk merupakan salah satu tonggak perekonomian di dalam negara berkembang tentu sangat dibutuhkan. Pasalnya, kehadiran truk menjadi alat transportasi dan juga alat angkut untuk berbagai keperluan niaga. Kehadiran truk sangat penting untuk menjaga arus barang dan menyokong perekonomian suatu negara.

Tapi, kehadiran truk juga menjadi salah satu penyebab perubahan iklim akibat adanya polusi udara yang berasal dari asap kendaraan. Agar udara tetap bersih tentunya dibutuhkan suatu kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Peraturan Pemerintah

Untuk itu, melalui peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PermenLHK) NO.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 yang diterbitkan pada Maret 2017, yaitu wajib diterapkan standar emisi Euro4 untuk kendaraan diesel.

Tentu hal tersebut tidak mudah bagi produsen truk yang sebagian besar menggunakan mesin diesel. Adapun tantangan utamanya adalah berapa biaya yang harus digelontorkan untuk mengubah atau mengembangkan sistem pembuangan dan sistem pengendalian emisi. Produsen truk harus memastikan bahwa truknya dapat memenuhi persyaratan emisi yang ketat tanpa mengorbankan kinerja atau efisiensi bahan bakar.

Perjalanan HINO menuju EURO4
Perjalanan HINO menuju EURO4

Menyikapi peraturan tersebut, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku main distributors dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) / pabrik Hino di Indonesia telah menyatakan  kesiapannya dengan peraturan pemerintah tersebut.

Kesiapan HINO

Selama 40 tahun Hino berkiprah di Indonesia tentu saja mendukung program pemerintah tersebut dibuktikan dengan kesiapan menyeluruh yang telah dilakukan mulai dari lini produksi, jaringan outlet, sistem teknologi, peralatan teknis, layanan purna jual, hingga SDM dan mekanik yang terlatih pun telah dipersiapkan.

Hino sadar, menggunakan truk yang memenuhi standar emisi Euro4 merupakan hal yang sangat penting. Standar ini menetapkan batasan emisi yang lebih rendah untuk polutan udara dan partikel yang dihasilkan oleh gas buang truk.

Polutan udara dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti asma, bronkitis, bahkan dapat menyebabkan kanker paru-paru. Adapun penerapan standar Euro4  selain ramah untuk lingkungan juga lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Commonrail

HINO memiliki mesin berteknologi common rail yang lebih tangguh, ekonomis dan ramah lingkungan yang memenuhi regulasi Euro4.  Hino membangun mekanisme 3x penyaringan bahan bakar dengan 1 pre-fuel filter dan 2 main filter. Penyaringan maksimal ini bertujuan memastikan kualitas dan kebersihan bahan bakar.

Sehingga proses pembakaran lebih sempurna dan engine pun akan lebih tahan lama. Supply Pump akan men-supply bahan bakar ke Common Rail system, untuk dinaikkan tekanannya hingga 180-200Mpa.

Peremajaan line-up

Pada tahun 2022, Hino melakukan peremajaan pada lini andalannya, yaitu Dutro. Hino Dutro hadir dalam 4 tipe yaitu cargo, mixer, dump dan juga small bus dimana spesifikasi produk yang sesuai dengan berbagai kebutuhan konsumen di tanah air.

Selain itu, Hino Ranger turut alami pembaharuan. Hino Ranger hadir dalam 4 tipe, yaitu : cargo, mixer, dump dan juga tracktor head. Hino Ranger memiliki 2 tipe mesin dengan 6 silinder segaris dengan kode mesin J08E-WF sebesar 7.684cc (240Ps), J08E-WE (260Ps) dan J08E-WD (280Ps) dan mesin berkode P11-Wn dengan kapasitas mesin 10.520cc yang memiliki tenaga sebesar 340Ps.

Jelang Euro 4 HINO Luncurkan Truk dan Bus Terbaru
Jelang Euro 4 HINO Luncurkan Truk dan Bus Terbaru

Di tahun yang sama Hino juga menghadirkan bus ukuran medium dan Big Bus. Kedua bus tersebut tmendapat rasio gear baru untuk meningkatkan daya/torsi dengan mengoptimalkan sistem intake dan bahan bakar. Urusan mesin mendapat sentuhan baru dengan kode N04C-Wk (4.009) dan J08E-WF (7.684cc) yang semuanya tentu sudah Euro4.

Bahkan untuk Heavy Duty, Hino juga membawa Hino Profia untuk area pertambangan di Indonesia. Hadir dalam 2 tipe yaitu ZS 4141 | 6×4 dan ZY 5041 | 8×4.

Tidak hanya sekedar meluncurkan model baru, Hino juga mengedepankan fitur kenyamanan, keamanan dan juga keselamatan. Seperti yang terdapat pada FM 280 JD Mining yang dilengkapi dengan air conditioner dan dilengkapi dengan door lock serta power window.  Yang terpenting, terdapat tombol ES Start yang memudahkan kendaraan untuk melaju setelah berhenti di rute menanjak.

Hino500 Ultimate Safety

Awal tahun 2023, Hino kembali buat gebrakan dengan mengeluarkan truk yang aman. Truk tersebut dapat mengangkut Bahan Berbahaya Bercaun (B3).

Hadir dalam 6 (enam) varian dan berbagai tipe berbeda seperti; FG 260 JK, SG 280 TH, FL 260 JN, FL 260 JW, FM 280 JD, dan FM 340 TH dimana dalam setiap tipe dan model tersebut memiliki sejumlah keunggulan masing-masing, namun semuanya tetap dibekali dengan teknologi antilock braking system (ABS). ABS sendiri merupakan salah satu persyaratan bagi perusahaan pendistribusian bahan bakar minyak.

Hino Luncurkan Ultimate Safety Model Truck Dengan Tingkat Keamanan Tinggi
Hino Luncurkan Ultimate Safety Model Truck Dengan Tingkat Keamanan Tinggi

“Perusahaan distribusi bbm mewajibkan kendaraan penggangkut memiliki pengereman ABS. Untuk itu, Hino Ultimate Safety hadir dengan ABS yang langsung bawaan dari pabrik, sehingga tidak perlu repot lagi untuk penambahan perangkat ABS atau modifikasi yang memakan biaya besar. Serta dengan warna kabin Merah, membuat unit ini, sudah siap bekerja”. ungkap  Masato Uchida selaku Presiden Direktur HMSI (18/01/2023).

Hino500

Hino500 Series Ultimate Safety Model hadir dilengkapi lampu Daytime Running Light (DRL) LED untuk meningkatkan visibilitas truk agar mudah terlihat oleh pengendara lain dalam mendeteksi keberadaan truk. Dengan adanya lampu DRL, maka kecelakaan dalam berkendara bisa dihindari dan pengguna jalan lain bisa aman dalam berkendara.

Hino500 Series Ultimate Safety Model tentu sudah dilengkapi Air Conditioner (AC) serta Power window sehingga pengemudi atau penumpang lebih nyaman saat kendaraan beroperasi.

Untuk meminimalkan biaya operasional terdapat Strainer yang dapat menghancurkan gel dari bahan bakar nabati sehingga lifetime fuel filter lebih lama dan biaya perawatan kendaraan lebih efisien.

Kehadiran Hino500 Ultimate Safety semakin melengkapi lini produk Hino yang kuat, tangguh, memiliki fitur keamanan, kenyamanan dan pastinya truk yang ramah lingkungan.

Selaras Dengan Pemerintah

Tidak sekedar mencari keuntungan semata, Bukti Hino selaras dengan pemerintah adalah melalui konsep Total Support. Dimana Hino turut berkomitmen dalam meningkatkan kinerja pengemudi truk dari setiap konsumennya melalui pelatihan yang berkesinambungan dan diberikan secara gratis bagi konsumen.

Dalam pelatihan yang bertajuk Smart Driving of Hino500 Series, para pengemudi diberikan materi pelatihan mulai dari daily inspection, proper driving dan safety driving sampai eco driving.

Hino juga memiliki fitur andalan yaitu fitur telematics dari Hino Connect yang diluncurkan pada tahun 2020. Dengan Hino Connect, customer dapat lebih mudah mengatur manajemen operasional armadanya. Customer dengan mudah dapat mengetahui lokasi armadanya sehingga dapat memprediksi waktu tiba di tujuan atau Expected to Arrive (ETA) dengan demikian akan meningkatkan efisiensi armada.

Hino HTSCC Jadi Tempat Studi Banding Poltrada Bali Kemenhub
Hino HTSCC Jadi Tempat Studi Banding Poltrada Bali Kemenhub

Selain manajemen operasional, fitur Hino Connect juga membantu dalam manajemen pengemudi, dimana dengan fitur ini menghasilkan data – data seperti perilaku supir mengemudi, durasi waktu mengemudi, dan mendeteksi kondisi kendaraan berhenti atau bergerak.

Tidak itu saja, masih dalam mendukung total program Pemerintah Indonesia untuk mengurangi resiko kecelakaan, di awal tahun 2022, Hino resmikan fasilitas pelatihan, sertifikasi profesi, dan kompetisi berkendara secara bersamaan Hino Total Support Customer Center (HTSCC) yang terletak di Purwakarta.

Disini diberikan pelatihan seperti teknik safety driving, teknik pengereman, mengemudi yang baik, mengemudi yang ekonomis, pemeriksaan harian, dan teknik blind spot.

HTSCC memiliki beragam fasilitas basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.

Selain itu di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas – kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan mengacu kepada standar (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) BNSP.

23 TAHUN MARKET LEADER

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) pada periode Januari – Desember 2022, Hino mampu melepas kepasaran sebanyak 29.880 unit.

“Kami cukup puas dengan raihan penjualan di 2022 yang naik tinggi. Hasil ini juga memantapkan posisi Hino sebagai market leader atau penguasa medium duty truck selama 23 tahun terakhir dengan raihan 59% market share”, ungkap Santiko Wardoyo, COO-Director HMSI (18/01/2023).

Kategori medium duty truck melalui Hino500 Series yang sudah menjadi market leader selama 23 tahun ini memberikan sumbangsih penjualan sebanyak 16.411 unit. Penjualan medium duty truck ini naik 78% jika dibanding tahun sebelumnya yang membukukan 9.242 unit.

Untuk kategori truk ringan atau light duty truck, Hino Dutro berhasil mencapai penjualan sebanyak 13.122 unit atau meningkat 26% jika dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya. Hal ini juga berdampak pada market share Hino Dutro yang meningkat dari 18.9% menjadi 20.3%.

 

 

 

 

 

 

 

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *